STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DI KOPERASI MAHASISWA DEWANTARA UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Ningtias, Ely Novita Retna (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DI KOPERASI MAHASISWA DEWANTARA UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_ELY NOVITA RETNA NINGTIAS.pdf] Text
SKRIPSI_ELY NOVITA RETNA NINGTIAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ely Novita Retna Ningtias “Strategi Pengembangan Usaha Di Koperasi
Mahasiswa Dewantara Universitas PGRI Semarang”. Program studi Pendidikan
Ekonomi Fakultas Pendidikan IPS dan Keolahragaan Universitas PGRI
Semarang, 2021. Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya jumlah omset
dan jumlah anggota Kopma Dewantara Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis promosi usaha yang dilakukan untuk meningkatkan
jumlah omset dan untuk menganalisis personal selling yang dilakukan untuk
meningkatkan jumlah anggota dan partisipasi aktif anggota di Koperasi
Mahasiswa Dewantara Universitas PGRI Semarang.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Instrument
pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dan
dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik. Teknik analisis data menggunakan data condensation, data display, dan
conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi usaha yang dilakukan oleh
Kopma Dewantara UPGRIS yaitu personal selling (penjualan personal) dengan
melakukan kegiatan marketing challenge; Mass Selling, Kopma Dewantara
UPGRIS
belum
melakukan
periklanan
secara
berbayar,
tetapi
hanya
memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi usaha; promosi penjualan
yang diterapkan seperti diskon dan buy one get one; Public Relation (hubungan
masyarakat) yaitu dengan mengadakan kegiatan seminar dan lomba-lomba untuk
mahasiswa dan masyarakat; Direct Marketing (pemasaran langsung) dengan
memasarkan di whatsapp grup dan instagram. Personal selling yang dilakukan
oleh Kopma Dewantara UPGRIS
yaitu
Tangibile, cara menunjukkan
eksistensinya yaitu dengan mengikuti event expo pada saat penerimaan
mahasiswa baru, sering mengadakan kegiatan, dan memiliki unit usaha yang jelas;
Reliability, mampu bersaing dengan kompetitor disekitar kampus, memiliki
komunikasi yang baik dengan anggota, dan memiliki badan hukum;
Responsiveness yaitu selalu komunikatif dengan anggota atau pelanggan ketika
ada yang bertanya mengenai kegiatan atau unit usaha; Quality Perception yaitu
dengan selalu meningkatkan pelayanan terhadap anggota seperti senyum, sapa dan
salam, meningkatkan produk-produk usaha yang dibutuhkan oleh mahasiswa,
sering mengadakan kegiatan dengan melibatkan anggota, dan memberikan
fasilitas yang nyaman dan bersih khususnya di unit usaha toko.
Kata kunci : Pengembangan usaha, Promosi, Koperasi Mahasiswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:18
Last Modified: 21 Oct 2024 08:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5935

Actions (login required)

View Item
View Item