PEMANFAATAN FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LEBOSARI KECAMATAN KANGKUNG KABUPATEN KENDAL

FARICHAH, IKA NAILUL (2021) PEMANFAATAN FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LEBOSARI KECAMATAN KANGKUNG KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ika Nailul.pdf] Text
Ika Nailul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

IKA NAILUL FARICHAH. NPM 17120130. “Pemanfaatan Film Animasi
Sebagai Media Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Negeri
2 Lebosari Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Drs. Suyitno YP, M.Pd. Dosen Pembimbing II
Rofian, S.Pd.,M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah semakin merosotnya
karakter yang dimiliki oleh anak-anak bangsa sekarang, untuk mengatasi
kemrosotan karakter yaitu dengan menggunakan media film. Salah satunya yaitu
film animasi seperti Big Hero 6, Adit Sopo Jarwo dan Upin & Ipin.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah penguatan pendidikan
karakter dan pemanfaatan film animasi sebagai media penguatan pendidikan
karakter bagi siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Lebosari. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter dan pemanfaatan
film animasi sebagai media penguatan pendidikan karakter bagi siswa Sekolah
Dasar Negeri 2 Lebosari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
naturalistik. Sumber data penelitian berasal dari guru-guru SD Negeri 2 Lebosari.
Data yang digunakan dalam penelitian adalah pendapat atau tanggapan guru
mengenai penguatan pendidikan karakter dan pemanfaatan film animasi sebagai
media penguatan pendidikan karakter. Data tersebut diperoleh melalui observasi,
wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan
meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji
keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, meliputi perpanjangan
pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan
referensial.
Hasil penelitian adalah bahwa Penguatan pendidikan karakter di SD Negeri
2 Lebosari sudah dilaksanakan dengan sangat baik melalui perencanaan Program
Penguatan Pendidikan Karakter. Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan
Karakter di SD Negeri 2 Lebosari dilakukan melalui berbagai strategi yaitu
pembiasaan, kegiatan pembelajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler. Evaluasi
Program Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri 2 Lebosari. Dan
Pemanfaatan film animasi sebagai media penguatan pendidikan karakter sudah
dilaksanakan dengan sangat baik. Melalui pemanfaatan film Big Hero 6 mencapai
88,8%, pemanfaatan film Adit Sopo Jarwo 91,8% dan pemanfaatan film Upin &
Ipin 96,67%. Jadi film yang sering digunakan sebagai penguatan pendidikan
karakter di SD Negeri 2 Lebosari yaitu film Upin& Ipin.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat disampaikan adalah
agar film animasi seperti Big Hero 6, Adit Sopo Jarwo dan Upin & Ipin dapat
digunakan sebagai salah satu cara untuk mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai
penguatan pendidikan karakter pada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:10
Last Modified: 21 Oct 2024 08:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item
View Item