EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS GAMBAR DAN MEDIA BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEKNIK DASAR LEMPAR CAKRAM KELAS XI DI SMK ASSHODIQIYAH SEMARANG

Muhammad, Dwi Nugroho Bagus Nur (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS GAMBAR DAN MEDIA BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEKNIK DASAR LEMPAR CAKRAM KELAS XI DI SMK ASSHODIQIYAH SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_DWI NUGROHO B N M _16230242.pdf] Text
SKRIPSI_DWI NUGROHO B N M _16230242.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Dwi Nugroho Bagus Nur Muhammad, NPM. 16230242, “Efektivitas
penggunaan media berbasis gambar dan media berbasis audio visual terhadap
hasil belajar siswa pada teknik dasar lempar cakram kelas XI di SMK
Asshodiqoyah Semarang”, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan
Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan
Universitas PGRI Semarang 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya hasil
belajar siswa pada pembelajaran teknik dasar lempar cakram. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui keefektivitas penggunaan media berbasis gambar dan media
berbasis audio visual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan
quasi eksperimen dalam bentuk two group pretest-posttest design. Melakukan
penelitian lapangan kepada sampel siswa untuk mengetahui hasil pembelajaran
lempar cakram sebelum diberikan perlakuan, kemudian diberikan perlakuan
berupa penggunaan media gambar dan media audio visual pada masing-masing
kelompok. Dalam melakukan pengambilan data masing-masing kelompok
diberikan angket berupa aspek sikap untuk memenuhi aspek afektif, tes butir soal
tentang teknik dasar lempar cakram untuk memenuhi aspek kognitif dan
melakukan teknik lempar cakram untuk aspek psikomotor. Sampel dari penelitian
ini adalah sebagian dari siswa kelas XI SMK Asshodiqoyah Semarang yang
berjumlah 20 siswa dan 10 siswa tiap kelompoknya.
Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar dengan penggunaan media
berbasis gambar dengan media berbasis audio visual yang mana hasil rerata
kelompok dengan media gambar sebesar 83.76 dan rerata kelompok media audio
visual sebesar 83.75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada perbedaan
rerata antara kelompok media gambar dengan audio visual dalam keefektivitas
hasil belajar teknik lemar cakram, yang mana kelompok media gambar
memberikan pengaruh dalam keefektivitas hasil belajar teknik dasar lempar
cakram.
Kata kunci: Media, Hasil Belajar, Lempar Cakram

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:09
Last Modified: 21 Oct 2024 08:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5929

Actions (login required)

View Item
View Item