KUSUMOWARDANI, DIYAH (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VI SDN 01 SINDUREJO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI_DIYAH KUSUMOWARDANI_17120186.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Diyah Kusumowardani. NPM 17120186. “Pengaruh Pembelajaran Daring
Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas VI SDN 01 Sindurejo”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya pembelajaran
daring dan kurang efektifnya pembelajaran daring ini menyebabkan perubahan
pada sikap siswa selama pembelajaran. Hal tersebut disebabkan karena adanya
pandemi covid-19 yang mempengaruhi sistem pembelajaran di Indonesia.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pembelajaran daring
berpengaruh terhadap sikap sosial siswa kelas VI SDN 01 Sindurejo?, 2) Seberapa
kuat pengaruh pembelajaran daring terhadap sikap sosial siswa kelas VI SDN 01
Sindurejo? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pembelajaran daring terhadap sikap
sosial siswa kelasVI SDN 01 Sindurejo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode
penelitian survey dengan desain korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VI SDN 01 Sindurejo tahun pelajaran 2020/2021. Teknik
pengambilan dalam ini adalah sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil analisis angket variabel (X) Pembelajaran Daring berpengaruh
signifikan terhadap variabel (Y) Sikap Sosial. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil
analisis korelasi product moment sebesar 0,566 dan dibandingkan dengan rtabel
tingkat taraf signifikan 5% N=24 sebesar 0,404. Jadi rhitung > rtabel maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan (Ha) diterima. Selain itu
juga diperoleh persamaan regresi Y=15,421+1,585X. Persamaan tersebut sesuai
dengan rumus regresi linier sederhana yaitu Y=a+bX, dimana Y merupakan
lambang dari variabel terikat, a konstanta, b koefisien regresi untuk variabel bebas
(X). Pada analisis regresi ini Pembelajaran Daring memiliki pengaruh positif
terhadap Sikap Sosial. Dari hasil analisis uji t diketahui bahwa ada pengaruh yang
signifikan dari variabel (X) pembelajaran daring dan variabel (Y) sikap Sosial.
Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 3,220, sedangkan pada
ttabel adalah 2,074 dengan taraf signifikasi 5% yang berarti bahwa Ha diterima.
Dengan koefisien determinasi pada R square sebesar 0,320 artinya kontribusi
variabel pembelajaran daring dalam menjelaskan sikap sosial sebesar 32%
sedangkan sisanya sebesar 68% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat sampaikan adalah
sebaiknya agar sikap sosial siswa dapat berkembang dengan baik selama
pembelajaran daring, maka perlu adanya kerjasama yang baik antar pihak sekolah
dan orang tua terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 08:04 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 08:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5928 |