KUSUMA, BAGUS PRADIKA CAHYA (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM PADA MASA PANDEMIC COVID-19 DALAM MATERI DESAIN GRAFIS DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
BAGUS PRADIKA CAHYA KUSUMA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Bagus Pradika Cahya Kusuma. ” Efektivitas Pembelajaran dengan
Menggunakan Aplikasi Zoom pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Materi Desain
Grafis Dasar”. Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan
Teknologi Informasi. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu Pandemi Covid-19 secara
tiba-tiba mengharuskan elemen pendidikan untuk mempertahankan pembelajaran
secara online. Perubahan drastis pada sistem pembelajaran sekolah dan berbagai
dampak covid-19 membuat siswa atau anak-anak rentan mengalami tekanan
mental di tengah pandemi ini.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah pendekatan kuantitatif.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre experimental design dalam
bentuk one group pre-test and post-test design. Populasi penelitian adalah siswa
kelas X TKJ SMA Negeri 1 Petarukan. populasi yang digunakan dalam penelitian
adalah siswa kelas X TKJ SMK N 1 Petarukan. Jumlah siswa kelas X TKJ dari
masing kelas berjumlah kurang lebih 72 siswa. Data penelitian ini diperoleh
melalui hasil belajar siswa.
Metode analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%.Hasil
analisis statistik non parametrik dengan menggunakan teknik analisis sign test
wilcoxon yang diberi simbol dalam tabel persiapan untuk hitung t sebesar 10.716
dan ttabel diperoleh dari db = n-2 sebesar 2,009 pada taraf signifikan 5%. Berarti
thitung (10.716) > ttabel (2,009), maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi
“pembelajaran dengan menggunakan aplikasi zoom efektif pada masa pandemic
covid-19 dalam materi desain grafis dasar” diterima. Sedangkan hipotesis nihil
(Ho) yang berbunyi “pembelajaran dengan menggunakan aplikasi zoom tidak
efektif pada masa pandemic covid-19 dalam materi desain grafis dasar” ditolak
pada taraf signifikansi 5%. Data penelitian menunjukan bahwa dari hasil pretest
rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen 63,7. Sedangkan hasil posttest rata-
rata hasil belajar siswa pada kelas X TKJ 1 sebesar 81,2.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru mata pelajaran di
sekolah proses belajar lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran agar
siswa lebih tertarik.
Kata kunci : Materi Desain Grafis Dasar, Aplikasi Zoom.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 08:11 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 08:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5926 |