HANDAYANI, DIAH FITRI (2021) KEEFEKTIFAN METODE RESITASI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOEKO (MONOPOLI EKOSISTEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Skripsi_Diah_PGSD_16120169.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
DIAH FITRI HANDAYANI. NPM 16120169 “Keefektifan Metode Resitasi
Dengan Media Pembelajaran Moeko (Monopoli Ekosistem) Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang 2021.
Telah dilakukan penelitian tentang metode Resitasi yang dilatar belakangi
Pembelajaran IPA masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif pada
saat pembelajaran, guru masih menggunakan model konvensional yang
mengakibatkan siswa tidak begitu tertarik dalam mengikuti pembelajaran dan
siswa cenderung bermain dengan teman sebangku, sehingga hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPA cukup rendah, minat belajar siswa pada mata pelajaran
IPA masih sangat kurang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah keefektifan metode resitasi dengan media pembelajaran moeko
(monopoli ekosistem) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar ?
Tujuannya untuk mengetahui keefektifan metode resitasi dengan media
pembelajaran moeko (monopoli ekosistem) untuk meningkatkan hasil belajar
siswa di sekolah dasar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif menggunakan desain penelitian Pra-Experimental Design (non design)
dengan jenis penelitian one-group pretest posttest design. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas V SDIT Nurul Iman Semarang. Dengan menggunakan
teknik non probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara dan observasi.
Hasil penelitian pretest siswa menunjukkan bahwa memperoleh rata-rata
60. Sedangkan hasil posttest memperoleh rata-rata 80, selanjutnya pengujian
dilakukan dengan uji banding. Kemudian dari uji T, diperoleh >
yaitu 2,755 > 1,997 sehingga ditolak dan diterima, artinya hasil posttest
siswa lebih baik daripada hasil pretest siswa. Hasil belajar siswa mencapai kriteria
ketuntasan belajar melalui nilai pretest 8 siswa 24% telah mencapai kriteria
ketuntasan dan posttest sebanyak 25 siswa 88% telah mencapai kriteria
ketuntasan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum
dan sesudah perlakuan tidak sama, artinya metode resitasi dengan media
pembelajaran moeko (monopoli ekosistem) efektif terhadap hasil belajar siswa di
sekolah dasar.
Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada guru sekolah dasar hendaklah
menggunakan beberapa metode dan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi
yang sesuai dengan materi yang hendak disampaikan guna menciptakan siswa
yang aktif dan berprestasi salah satunya yaitu metode resitasi dengan media
pembelajaran moeko (monopoli ekosistem).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:52 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:52 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5921 |