PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, PERHATIAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Mega, Dewy Riris Sinta (2021) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, PERHATIAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_Dewy Riris_15220156.pdf] Text
SKRIPSI_Dewy Riris_15220156.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dewy Riris Sinta Mega, NPM 15220156 “Pengaruh Tingkat Pendidikan
Orang Tua, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Guug
Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2019/2020”. Penelitian ini dilatarbelakangi
oleh hasil observasi awal pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gubug
Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2019/2020 yang menunjukan bahwa hasil
belajar siswa yang relatif rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh tingkat
pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas
XI SMA Negeri 1 Gubug Kabupaten Grobogan, 2) Untuk mengetahui pengaruh
perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI
SMA Negeri 1 Gubug Kabupaten Grobogan, 3) Untuk mengetahui pengaruh
minat belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA
Negeri 1 Gubug Kabupaten Grobogan, 4) Untuk mengetahui pengaruh tingkat
pendidikan orang tua, perhatian orang tua, dan minat belajar terhadap hasil belajar
siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Gubug Kabupaten
Grobogan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini
adalah siswa XI IPS SMA Negeri 1 Gubug Kabupaten Grobogan yang berjumlah
106 siswa dan pengambilan sampel yaitu seluruh siswa kelas XI IPS yang
berjumlah 106. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tingkat Pendidikan Orang Tua
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. 2) Perhatian Orang Tua
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. 3) Minat Belajar berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar siswa. 4) Tingkat Pendidikan Orang Tua,
Perhatian Orang Tua, Minat Belajar secara simultan berpengaruh signfikan
terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Tingkat pendidikan Orang Tua, Perhatian Orang Tua, Minat
Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:46
Last Modified: 21 Oct 2024 07:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5914

Actions (login required)

View Item
View Item