Anggraini, Igga Mai (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN HUTAN MANGROVE DI DESA BEDONO PADA MATERI EKOSISTEM BERMUATAN SUSTAINABILITY MELALUI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Igga Mai Anggraini.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Materi ekosistem yang konstektual dengan pola pikir sustainability
diangkat sebagai permasalahan dalam pembelajaran Problem Based Learning di
harapkan dapat membiasakan siswa berpikir kritis dan memunculkan minat siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan hutan mangrove
di desa Bedono pada materi ekosistem bermuatan sustainability melalui Problem
Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis dan pencapaian minat belajar
siswa. Dengan desain Quasy Eksperiment, pada kelas X IPA SMA N 1 Mranggen.
Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas X IPA 5 sebagai kelompok
eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan tes soal dan lembar angket yang diberikan pada siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata niai pretest ke posttest kelompok
eksperimen ada peningkatan yaitu rata-rata pretest 56,11 menjadi rata-rata
posttest 80,42. Sedangkan nilai pretest-posttest keterampilan berpikir kritis
kelompok kontrol ada peningkatan yaitu rata-rata pretest 46,94 menjadi rata-rata
posttest 61,67. Berdasarkan uji anacova, data post-test berpikir kritis siswa
memperoleh perbandingan nilai sig. hasil uji anacova dan nilai taraf signifikan,
0,000 (sig. uji anacova) < 0,05 (α). Karena nilai sig. lebih kecil dibandingkan nilai
α, maka data post-test berpikir kritis siswa kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol memiliki perbedaan yang signifikan, dengan rata-rata post-test kelompok
eksperimen > kelompok kontrol. Dari hasil tersebut dilakukan penelitian dan
mendapat hasil bahwa kelompok eksperimen yaitu kelas X IPA 5 mendapat nilai
rata-rata N-Gain 0,58 yang berada pada kategori sedang. Melalui uji independent
sample T-test, hasil minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol
menunjukkan data memiliki perbedaan yang signifikan, dengan perbandingan
nilai 0,000 (sig.) < 0,05 (α). Dengan analisis hasil uji, maka penerapan model
belajar problem based learning bermuatan sustainability efektif untuk
meningkatkan berpikir kritis dan pencapaian minat belajar siswa.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Sustainability, Berpikir Kritis, Minat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:40 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:40 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5908 |