PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT(CRM) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG UPT PUSKESMAS PANCUR KABUPATEN REMBANG PADA MASA NEW NORMAL

Martlina, Ayu (2021) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT(CRM) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG UPT PUSKESMAS PANCUR KABUPATEN REMBANG PADA MASA NEW NORMAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Ayu Martlina.pdf] Text
Ayu Martlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna menguji pengaruh customer relationship
management( CRM) serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung.
Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus pada Pengunjung UPT Puskesmas
Pancur kabupaten Rembang. Penelitian ini memakai jenis riset kuantitatif.
Populasi dari penelitian ini merupakan Pengunjung UPT Puskesmas Pancur
kabupaten Rembang. Sampel yang diteliti sebanyak 100 responden. Dengan
metode pengambilan sampel memakai metode simple random sampling ialah
metode pengambilan sampel secara acak dari populasi, secara simpel tanpa
memperhatikan strata yang terdapat dalam populasi. Metode pengumpulan
informasi memakai kuesioner dengan skala likert sebagai instrumen pengumpulan
data.
Hasil penelitian membuktikan secara parsial Customer Relationship
Management( CRM)( X1) berpengaruh positif serta signifikan terhadap kepuasan
pengunjung dengan t hitung 2, 639 > t tabel 2, 627468 dengan tingkatan
signifikan 0, 010 < 0, 01 serta kualitas pelayanan( X2) berpengaruh positif serta
signifikan terhadap kepuasan pengunjung dengan t hitung 5, 379 > t tabel 2,
627468 dengan tingkatan signifikan 0, 000 < 0, 01. Secara simultan customer
relationship management( CRM) serta kualitas pelayanan mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap kepuasan pengunjung dengan adjusted R Square
merupakan 0, 631 hal ini berarti 63, 1% berpengaruh secara simultan sebaliknya
sisanya 36, 9% dipaparkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini.
Kata Kunci: Customer relationship management dan Kualitas pelayanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:33
Last Modified: 21 Oct 2024 07:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5901

Actions (login required)

View Item
View Item