STYLENY, AYU AMBARWATI (2021) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DALAM MENGERJAKAN SOAL OPEN ENDED PADA SISWA TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
AYU AMBARWATI STYLENY.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam
mengerjakan soal open ended pada siswa tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Jenis
penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP di Kota
Semarang. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 04
Semarang.Selanjutnya dipilih 6 subjek penelitian yang terdiri dari 3 subjek introvert dan 3 subjek
ekstrovert. Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa , maka dilakukan
dengan memberi tes untuk memilih subjek berupa angket tes MBTI dan tes komunikasi
matematis yang berbentuk soal open ended dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa siswa dengan tipe kepribadian introvert cenderung memenuhi 3 indikator, yaitu:
menghubungkan benda nyata ke dalam ide matematika, menyatakan peristiwa sehari-hari ke
dalam masalah matematika, dan membaca dengan pemahaman presentasi suatu matematika
tertulis. Sedangkan siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert cenderung memenuhi lima
indikator, yaitu menghubungkan benda nyata ke dalam ide matematika, menjelaskan ide secara
lisan atau tulisan, menyatakan peristiwa sehari-hari dalam simbol matematik, mendengarkan,
berdiskusi dan menulis tentang matematika, membaca dengan pemahaman presentasi suatu
matematika tertulis.
Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, indicator komunikasi matematis, soal open
ended, tipe kepribadian ekstrovert dan introvert, siswa kelas VIII
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:26 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5893 |