ANALISIS PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III SD NEGERI SUKOREJO 02 SEMARANG

SETYAWAN, AWANG BUDI (2021) ANALISIS PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III SD NEGERI SUKOREJO 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AWANG BUDI SETYAWAN.pdf] Text
AWANG BUDI SETYAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

AWANG BUDI SETYAWAN. NPM 13120579. “Analisis Peran Orang Tua dan
Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19 di
Kelas III SD Negeri Sukorejo 02 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.
2020.
Latar belakang penelitian ini adalah pada masa pandemi Covid-19 saat ini,
sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh di rumah. Dalam pembelajaran jarak
jauh motivasi belajar siswa menjadi rendah. Karena suasana dan sarana belajar
tidak sama seperti dengan pembelajaran di sekolah. Dalam hal ini siswa lebih
sering bermain dari pada belajar. Di sini orang tua mempunyai peran penting
untuk mendampingi belajar anaknya di rumah. Orang tua menggantikan peran
guru dalam mengajari dan mendampingi anak dalam belajar. Keberhasilan
pembelajaran ini sangat dipengaruhi kemampuan orang tua masing-masing.
Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dan motivasi belajar
siswa pada pembelajaran jarak jauh di kelas III SD Negeri Sukorejo 02 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek
utama penelitian ini adalah siswa dan orang tua siswa kelas III SDN Sukorejo 02
Semarang. Penelitian ini mengambil sampel 10 siswa beserta orang tuanya, dari
jumlah keseluruhan satu kelas 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa
wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua siswa dalam
menunjang pendidikan anak pada pembelajaran jarak jauh di rumah sangat bagus.
hampir semua orang siswa yang diteliti sudah melakukan empat indikator yang
menjadi ukuran penelitian. Yaitu membimbing, memperhatikan, memfasilitasi dan
memotivasi belajar anak. Sehingga anak yang tadinya kurang termotivasi untuk
belajar menjadi termotivasi untuk belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah
dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di rumah. Orang tua perlu
membimbing, memperhatikan, memfasilitasi dan memotivasi belajar anak.
Supaya anak selalu termotivasi untuk belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:23
Last Modified: 21 Oct 2024 07:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5891

Actions (login required)

View Item
View Item