PROFIL LITERASI ASESMEN GURU IPA DI SMA NEGERI 1 GUBUG

Purichasari, Dewi (2021) PROFIL LITERASI ASESMEN GURU IPA DI SMA NEGERI 1 GUBUG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi_Dewi Purichasari_16320010.pdf] Text
skripsi_Dewi Purichasari_16320010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Litaerasi asesmen merupakan kemampuan untuk mengumpulkan informasi
yang realiabel. Asesmen dapat dilakukan tanpa evaluasi, tetapi evaluasi tidak
dapat dilakukan tanpa asesmen. Kelebihan guru memiliki literasi asesmen
diantaranaya dapat membantu guru dalam memahami, menganalisis dan
menggunakan data prestasi siswa untuk meningkatkan pengajaran. Berdasarkan
hal tersebut maka perlu diadakanya penelitian ini untuk mengetahui profil literasi
asesmen guru IPA di SMA Gubug. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskiptif kualitatif, dengan pengambilan sampel sumber data dilakukan secara
purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes
literasi asesmen, pedoman wawancara, lembar check list dan lembar observasi.
Berdasarkan hasil penelitian guru IPA mendapatkan rata – rata 60,4% dalam tes
asesmen, sedangkan hasil wawancara mendapatkan 49%. Hasil nilai rata – rata
dari keduanya adalah 54,7%. Berdasarkan hasil literasi asesmen tersebut guru IPA
di SMA Negeri 1 Gubug berada di kategori ““rendah””. serta penilaian yang
digunakan oleh Guru IPA SMA Negeri 1 Gubug guru memiliki nilai tertinggi
dengan nilai 86% pada aspek tentang kesulitan penggunaan asesmen, sedangkan
untuk nilai te”rendah” terdapat pada aspek penilaian sikap dengan mendapatkan
nilai 18%.
Kata Kunci : asesmen, guru ipa, profil literasi asesmen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:23
Last Modified: 21 Oct 2024 07:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5888

Actions (login required)

View Item
View Item