PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA “KETUPAT” (KECERDIKAN KANCIL TIPU BUAYA PADA DONGENG SINGKAT) TEMA 7 SUBTEMA 1 SISWA KELAS II SDN TAMBAHREJO KECAMATAN TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA

KAISAR, AULIA PUTRI KIKI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA “KETUPAT” (KECERDIKAN KANCIL TIPU BUAYA PADA DONGENG SINGKAT) TEMA 7 SUBTEMA 1 SISWA KELAS II SDN TAMBAHREJO KECAMATAN TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AULIA PUTRI KIKI KAISAR.pdf] Text
AULIA PUTRI KIKI KAISAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Aulia Putri Kiki Kaisar. NPM 17120001. “Pengembangan Media Ular Tangga
“KETUPAT” (Kecerdikan Kancil Tipu Buaya Pada Dongeng Singkat) Tema 7
Subtema 1 Siswa Kelas II SDN Tambahrejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten
Blora”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah terbatasnya media
pembelajaran, motivasi belajar dan keaktifan siswa yang masih rendah.
Sedangkan dari hasil analisis angket kebutuhan siswa, rata-rata mereka menyukai
jika dalam pembelajaran guru menggunakan media atau alat peraga yang dapat
mempermudah mereka memahami materi, sedangkan dari hasil analisis kebutuhan
guru, guru berharap adanya sebuah media yang bisa meningkatkan keaktifan dan
motivasi belajar siswa di kelas.
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and
Development (R&D) dengan langkah identifikasi masalah dan pengumpulan
informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, dan uji coba terbatas.
Validasi media Ular Tangga “KETUPAT” (Kecerdikan Kancil Tipu Buaya Pada
Dongeng Singkat) menggunakan skala likert. Hasil validasi ahli materi tahap
pertama memperoleh nilai presentase 64% dengan kategori “Baik” dengan revisi
dan validasi ahli materi tahap kedua memperoleh nilai dengan presentase 96%
dengan kategori “Baik Sekali”. Hasil validasi ahli media dengan memperoleh
presentase 92% dengan kategori “Baik Sekali”. Berdasarkan dari hasil validasi
media dan materi yang telah dilakukan dapat dinyatakan valid dan layak.
Media Ular Tangga “KETUPAT” (Kecerdikan Kancil Tipu Buaya Pada
Dongeng Singkat) diuji cobakan kepada 20 siswa dengan perolehan hasil angket
respon siswa terhadap media Ular Tangga “KETUPAT” (Kecerdikan Kancil Tipu
Buaya Pada Dongeng Singkat) dengan presentase hasil 98,6% menyukai produk
yang dibuat dengan kategori “Baik sekali”. Hasil angket respon guru terhadap
media Ular Tangga “KETUPAT” (Kecerdikan Kancil Tipu Buaya Pada Dongeng
Singkat) dengan presentase 98%, berdasarkan respon hasil analisis respon guru
dan siswa dapat dinyatakan media Ular Tangga “KETUPAT” (Kecerdikan Kancil
Tipu Buaya Pada Dongeng Singkat) memenuhi kriteria praktis. Nilai karakter
yang muncul setelah siswa belajar menggunakan media pembelajaran Ular
Tangga “KETUPAT” (Kecerdikan Kancil Tipu Buaya Pada Dongeng Singkat)
Tema 7 yaitu siswa menjadi lebih aktif dan antusias mengikuti pelajaran serta
lebih bersemangat dalam belajar.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini saran yang dapat peneliti
sampaikan adalah media pembelajaran Ular Tangga “KETUPAT” (Kecerdikan
Kancil Tipu Buaya Pada Dongeng Singkat) ini dapat digunakan sebagai media
pembelajaran di Sekolah dan perlu adanya pengembangan lebih lanjut. Hal ini
bertujuan untuk menghasilkan media yang lebih berkualitas dan inovatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:20
Last Modified: 21 Oct 2024 07:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5887

Actions (login required)

View Item
View Item