ULYA, HIMMATUL (2021) ANALISIS PERANAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 GUBUG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Himmatul Ulya_17120169.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
HIMMATUL ULYA. NPM 17120169. “Analisis Perananan Orang Tua dalam
Pendampingan Belajar dari Rumah (BDR) pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1
Gubug”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I: Eka Sari
Setianingsih, S,Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II: Mila Karmila, S.Pd., M.Pd.
2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah menyebarnya
Coronavirus Disease (Covid-19) berdampak pada sektor pendidikan sehingga
mendasari pemerintah melakukan perubahan sistem pembelajaran tatap muka atau
Belajar di Sekolah (BDS) kini menjadi pembelajaran daring atau Belajar dari
Rumah (BDR). Sehingga menuntut peran utama orang tua untuk mendambingi
dan membimbing anaknya belajar agar potensinya berkembang seoptimal
mungkin.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah bentuk perananan orang tua
dalam pendampingan Belajar dari Rumah (BDR) pada siswa kelas IV SD Negeri
1 Gubug? 2) Bagaimanakah kendala yang dihadapi orang tua dalam melakukan
pendampingan Belajar dari Rumah (BDR) pada siswa kelas IV SD Negeri 1
Gubug? 3) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas IV selama Belajar dari Rumah
(BDR)?
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di
SD Negeri 1 Gubug pada tahun ajaran 2020/2021 dan di tempat tinggal siswa.
Subjek utama penelitian ini adalah orang tua dari siswa kelas IV, kemudian siswa
kelas IV, dan guru kelas IV SD Negeri 1 Gubug. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua siswa kelas IV SD Negeri
1 Gubug telah menjalankan perannya dalam mendampingi anak Belajar dari
Rumah (BDR). Bentuk peranan orang tua dalam pendampingan belajar yakni:
sebagai pembimbing belajar, fasilitator, motivator, dan menciptakan kekondusifan
belajar. Dimana kategori pendampingannya adalah Sangat Baik dan persentase
˃81%. Kemudian kendala yang dialami orang tua selama pendampinngan
menunjukkan kategori Rendah dengan persentase ≤60% disebabkan oleh: latar
belakang pendidikan, keterbatasan ekonomi, manajemen waktu, keterbatasan
pemahaman materi, kesibukan pekerjaan, dan ketidakkondusifan belajar karena
banyaknya anggota keluarga di rumah. Sehingga pelaksanaan pendampingan dan
kendala tersebut berdampak pada hasil belajar daring yang didapatkan nilai siswa
diatas KKM ˃71. Sebanyak 55,6% siswa mendapatkan rata-rata nilai 81-90 jadi
dapat dikategorikan hasil belajarnya Baik.
Saran yang dapat disampaikan adalah orang tua harus memaksimalkan
pendampingan dan meminimalisir kendala yang muncul agar hasil belajar daring
anak menjadi baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:20 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5886 |