AMALIA, AULA (2021) PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
AULA AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiprofilkemampuanreprese
ntasisiswadalammemecahkanmasalahmatematikaditinjaudarigay
abelajar.
Metode
yang
digunakandalampenelitianiniyaitudeskriptifkualitatif.
Subjekpenelitianinidiambil 3 orang siswa dari 33 siswakelas
VIII di SMP Negeri 3 Mranggen semester genap tahun ajaran
2020/2021yang masing-masing mempunyai gaya belajar visual,
gaya
belajar
auditorial,
dan
gaya
belajar
kinestetik.
Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan skala gaya
belajar, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data dilakukan dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data
dan
penarikan
kesimpulan/verifikasi.
Keabsahan
data
menggunakan triangulasi waktu yaitu membandingkan hasil tes
kemampuan representasi dengan hasil wawancara pada tahap
pertama dan tahap kedua. Pengambilan data dilakukan dua tahap
dan dilaksanakan diwaktu yang berbeda. Temuan yang ada pada
penelitian ini adalah representasi verbal pada tes belum mampu
tetapi pada wawancara subjek fasih dalam berbicara. Analisis
dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan representasi
dengan memperhatikan gaya belajar yang dimiliki siswa.
Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa subjek dengan gaya
belajar visual, auditorial dan kinestetik memiliki kemampuan
representasi verbal rendah.
Kata Kunci : profil, kemampuan representasi, gaya belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:18 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5883 |