Wulandari, Astri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-END ANALYSIS (MEA) DAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Astri Wulandari.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan penalaran
matematis
siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Alternatif
pembelajaran terhadap kemampuan penalaran matematis adalah dengan
menerapkam model pembelajaran Means-End Analysis, model pembelajaran Mind
Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui adanya
perbedaan rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa dengan model
pembelajaran Means-End Analysis, model pembelajaran Mind Mapping, dan
pembelajaran konvensional dengan model Direct Learning. (2) Mengetahui
kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan model pembelajaran
Means-End Analysis lebih baik dari pembelajaran konvensional dengan model
Direct Learning. (3) Mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa
menggunakan model pembelajaran Mind Mapping lebih baik dari pembelajaran
konvensional dengan model Direct Learning. (4) Mengetahui adanya perbedaan
rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model
pembelajaran
Means-End
Analysis,
dengan
yang
menggunakan
model
pembelajaran Mind Mapping. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP Muhammadiyah Kedungtuban tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang
diambil adalah kelas VIII A, VIII B, dan VIII C dengan menggunakan teknik
cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah
dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan anava satu arah dengan taraf
signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh bahwa: Tidak terdapat perbedaan rata-
rata kemampuan penalaran matematis siswa antara yang diajarkan dengan model
pembelajaran Means-End Analysis (MEA), model pembelajaran Mind Mapping
dan model pembelajaran konvesional (Direct Learning).
Kata kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran, Means-End Analysis, model
pembelajaran Mind Mapping, Kemampuan penalaran matematis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:00 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5873 |