ASRIFAH, SITI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING PADA KELOMPOK B DI RA MIFTAHUL ULUM NGEMPLAK MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Asrifah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
SITI ASRIFAH. NPM 18156073. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus
Anak Melalui Kegiatan Menggunting Pada Kelompok B Di RA Miftahul Ulum
Ngemplak Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS
PGRI Semarang. UPGRIS Semarang. 2020
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan dasar pengembangan fisik motori anak. Anak-anak belum dapat
menggunakan gunting dan mengikuti arah pola dengan baik dan benar. Dalam
meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak, peneliti menggunakan metode
menggunting gambar secara berpola. Menggunting merupakan dari unsur kematangan
dan pengendalian gerakan tubuh yang erat kaitannya dengan perkembanagan pusat
motorik di otak. Untuk itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul
upaya untuk meningkatkan kemampuan motoric halus anak dengan kegiatan
menggunting pada kelompok B di RA Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak
Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester Gasal selama 2 minggu yang dimulai
dari tanggal 2 November sampai 14 November 2020. Subyek penelitian adalah anak
kelompok RA B yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak
perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang tewrdiri 2
siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2)
melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil
pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah
dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik diskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus pada anak
dapat ditingkatkan melalui metode menggunting gambar sesuai pola. Hal ini dibuktikan
dengan meningkatnya jumlah anak yang mempunyai kemampuan motorik halus pada
anak dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal
tindakan terdapat 3 anak atau 15% yang mempunyai kemampuan motoric halus anak
dengan penilaian baik. Sedangkan akhir tindakan 16 anak atau 80% yang dapat
menggunting secara pola dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan motoric halus anak kelompok B di RA
Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat
ditingkatkan melalui metode menggunting.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 06:58 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 06:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5872 |