PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DEMOKRASI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PELITA NUSANTARA 2 SEMARANG

Rosida, Hesti (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DEMOKRASI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PELITA NUSANTARA 2 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of hesti rosida.pdf] Text
hesti rosida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hesti Rosida “Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Dalam Mengembangkan Budaya Demokrasi di Sekolah Menengah Kejuruan
Pelita Nusantara 2 Semarang”, Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas pgri Semarang.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran guru Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan dalam mengembangkan budaya Demokrasi di Sekolah
khususnya SMK Pelita Nusantara 2 Semarang, serta bagaimana peran penting
yang dilakukan guru dalam mengembangkan budaya demokrasi di sekolah guru
tidak hanya berperan mengajarkan materi materi dikelas tetapi harus dapat
memberi contoh atau mengajarkan budaya demokrasi oleh karena itu peneliti
ingin menggali mengenai peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan
dslam mengembangkan budaya demokrasi. Tujuan Penelitian ini untuk
Mendeskripsikan Peran Guru dalam Mengembangkan Budaya Demokrasi
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan di Sekolah Menengah Kejuruan Pelita
Nusantara 2 Semarang.
Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan menganalisis data-data
terhadap Guru peserta didik yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan Pelita
Nusantara 2 Semarang, melalui Observasi di sekolah, Wawancara yang
dilakukan oleh 2 Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta para
peserta didik yang dilakukan secara Daring, Dokumentasi. Metode penelitian ini
menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan sumber data primer dan data
Sekunder. Uji Keabsahan Data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data
dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian
data dan Verifikasi atau penarikan Kesimpulan.
Peran guru PPKn dalam mengembangkan budaya demokrasi di SMK
Pelita Nusantara 2 semarang.Peran guru PPKn dalam mengembangkan budaya
demokrasi sudah berhasil karena setiap kendala yang dihadapi guru mempunyai
cara untuk bisa menghilangkan apa yang menjadi faktor penghambat keberhasilan
untuk bisa berhasil mengembangkan budaya demokrasi di sekolah, peran yang
dilakukan guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa sehingga siswa
bisa mempunyai pedidikan karakter yang baik, pengetahuan mengenai budaya
demokrasi. Keberhasilan guru dalam budaya demokrasi dengan menggunakan
metode pada saat pembelajaran dan guru memberikan pengalaman langsung
mengenai budaya demokrasi kepada siswa.
Kata Kunci : Peran Guru PPKn, Budaya Demokrasi, SMK Pelita Nusantara
2 Semarang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:53
Last Modified: 21 Oct 2024 06:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5867

Actions (login required)

View Item
View Item