MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KOMPETENSI DASAR PERMINTAAN DAN PENAWARAN SERTA TERBENTUKNYA HARGA PASAR DENGAN METODE TUTOR SEBAYA KELAS VII C SMP NEGERI 1 TANGGUNGHARJO

Wijayanti, Henny (2021) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KOMPETENSI DASAR PERMINTAAN DAN PENAWARAN SERTA TERBENTUKNYA HARGA PASAR DENGAN METODE TUTOR SEBAYA KELAS VII C SMP NEGERI 1 TANGGUNGHARJO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Henny Wijayanti.pdf] Text
Henny Wijayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Henny Wijayanti“ Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pada
Kompetensi Dasar Permintaan dan Penawaran SertaTerbentuknya HargaPasar
dengan Metode Tutor Sebaya Kelas VII C SMP Negeri 1 Tanggungharjo ”.
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi siswa dalam
pembelajaran misalnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih
belum optimal, siswa masih cenderung diam dan kurang aktif pada saat proses
pembelajaran,
guru
cenderung
menggunakan
metode
pembelajaran
konvensional. Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 1 Tanggungharjo
kelasVII C, kondisi tersebut berdampak pada nilai ulangan harian masih
dibawah KKM ( 70,02 dari 72 ).
Metode Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua
siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Eksperimen dalam 2 siklus terdiri dari pre tes dan pos test.
Menerapkan metode Pembelajaran Tutor Sebaya.Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VII C yang berjumlah 30 siswa sedangkan Objek penelitian adalah
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui metode tutor sebaya. Metode
pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan observasi.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa
sebesar 71,16 dengan ketuntasan klasikal 63,33%, aktivitas siswa sebesar
77,5% dalam kategori tinggi, aktivitas guru dalam pembelajaran sebesar
80,28% atau kategori baik. Untuk hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-
rata hasil belajar siswa sebesar 78,16 dengan ketuntasan klasikal
83,33%,aktivitas siswa 92,5 %atau aktivitas siswa dalam kategori sangat
tinggi, untuk aktivitas guru sebesar 87 % dengan kriteria baik sekali.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan terjadi
peningkatan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Tanggungharjo
pada materi permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar dengan
menggunakan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Saran yang berkaitan
dengan hasil penelitian adalah Siswa hendaknya lebih serius dan lebih aktif
dalam belajar untuk meningkatkan prestasi. Guru perlu mencari solusi terhadap
permasalahan yang di hadapi saat pembelajaran, salah satunya dengan memilih
metode yang tepat sehingga siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan aktif dan
mendapatkan hasil optimal, juga melengkapi fasilitas penunjang pembelajaran.
Dari pihak sekolah selalu memberikan motivasi kepada guru agar selalu aktif dan
kreatif meningkatkan kualitas pembelajaran mendorong guru agar berinisiatif
mencoba metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar, untuk
menemukan metode yang tepat.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Metode Tutor Sebaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:38
Last Modified: 21 Oct 2024 06:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5847

Actions (login required)

View Item
View Item