ANALISIS LEARNING OBSTACLE MATERI KECEPATAN DAN DEBIT BERBASIS PEMBELAJARAN DARING WHATSAPP KELAS V SEKOLAH DASAR

YULIANI, AYUNDA FIKA (2021) ANALISIS LEARNING OBSTACLE MATERI KECEPATAN DAN DEBIT BERBASIS PEMBELAJARAN DARING WHATSAPP KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_AYUNDA FIKA YULIANI.pdf] Text
SKRIPSI_AYUNDA FIKA YULIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ayunda Fika Yuliani. 17120165. “Analisis Learning Obstacle Materi Kecepatan
Dan Debit Berbasis Pembelajaran Daring Berbasis WhatsApp Kelas V Sekolah
Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd dan Dr.
Bagus Ardi Saputro, M. Pd., November, 2021.
Penelitian ini dilaksanakan karena didasari adanya pandemi yang
mempengaruhi seluruh aspek kehidupan dan kegiatan manusia. Begitu pula pada
bidang pendidikan sekolah dasar yang mengharuskan pembelajaran dilakukan
secara daring atau dalam jaringan. Matematika dari dulu sudah dianggap sulit
untuk dipelajari oleh siswa. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya nilai ulangan
harian matematika pada materi kecepatan dan debit selama pembelajaran daring
melalui WhatsApp kelas V sekolah dasar.
Berangkat dari latar belakang tersebut maka penelitian ini memiliki dua fokus
permasalahan yaitu 1) Bagaimana proses pembelajaran daring materi kecepatan
dan debit kelas V melalui WhatsApp? 2) Apa saja hambatan belajar yang dialami
siswa pada materi kecepatan dan debit selama pembelajaran daring WhatsApp?
Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses
pembelajaran daring materi kecepatan dan debit melalui WhatsApp dan
mendiskripsikan adanya hambatan belajar pada siswa kelas V pada materi
kecepatan dan debit dengan pembelajaran daring melalui WhatsApp.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Subjek
penelitian yang digunakan yaitu kelas V SD N 7 Gubug sebanyak 37 siswa,
orangtua siswa, dan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan sejak Oktober 2020-
Agustus 2021. Data penelitian ini didapatkan dengan menggunakan teknik
observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan
digunakan kriteria keterpercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring melalui
WhatsApp pada materi kecepatan dan debit dikemas dengan sangat sederhana dan
ringkas. Didapati pula masih banyak siswa yang mengalami learning obstacle
pada materi ini, baik hambatan ontogeni, didaktis, dan epistemologi. Berdasarkan
hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya guru
mempersiapkan pembelajaran dengan desain pembelajaran yang sistematis dan
terorganisir, guru juga dapat menggunakan metode pembelajaran yang sesuai
dengan materi yang diajarkan agar suasana pembelajaran semakin hidup sehingga
dapat meminimalisir faktor yang dapat mengakibatkan hambatan belajar pada
siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:36
Last Modified: 21 Oct 2024 06:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5844

Actions (login required)

View Item
View Item