ANALISIS KUALITAS PEMBELAJARAN DARING DAN LURING SISWA KELAS V SD N 3 TAMAN REJO KABUPATEN KENDAL

FIRMANSYAH, ARMANDA RIZKI (2021) ANALISIS KUALITAS PEMBELAJARAN DARING DAN LURING SISWA KELAS V SD N 3 TAMAN REJO KABUPATEN KENDAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ARMANDA RIZKI FIRMANSYAH.pdf] Text
ARMANDA RIZKI FIRMANSYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ARMANDA RIZKI FIRMANSYAH NPM 17120271. “Analisis Kualitas
Pembelajaran Daring dan luring Siswa kelas V SD N 3 Tamanrejo Kabupaten
Kendal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2021
Latar belakang penelitian ini adalah kurang maksmilanya pelaksanaan
pembelajaran daring dan luring pada masa pandemic covid-19 di SD N 3
Tamanrejo Kabupaten Kendal yang berdampak pada kualitas pembelajaran yang
di hasilkan. Terdapat banyak kendala seperti jaringan intrnet yang terbatas, dan
tidak semua siswa memiliki fasilitas HP atau smartphone sebagai media
pendukung dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pada pelaksanaan
pembelajaran secara luring atau tatap muka terdapat kendala yaitu karena adanya
pandemi covid-19 membuat pertemuan secara tatap muka harus melaksanakan
protokol kesehatan, jaga jarak dan pertemuan yang di batasi, untuk waktu
pertemuan menjadi terbatas hanya 1 sampai 2 jam setiap pertemuan luring atau
tatap muka.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah
Analisis Kualitas Pembelajaran Daring dan Luring Siswa Kelas V SD N 3
Tamanrejo Kabupaten Kendal. Metode pengumpulan data menggunakan
observasi,angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penellitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan
metode pembelajaran daring dan luring belum tercapainya kualitas kegiatan
pembelajaran secara keselurhan berdasarkan indikator kualitas pembelajaran. Hal
ini dikarenakan terkendalanya jaringan internet dan tidak semua siswa memiliki
Handphone sebagai media penunjang kegiatan pembelajaran.Dalam pelaksanaan
pembelajaran daring dan luring terdapat siswa yang kurang menyukai
pembelajaran secara daring, hal ini berdampak pada penurunan hasil belajar siswa
pada saat pembelajaran. Selain itu terdapat juga iklim pembelajaran menjadi
terhambat, karena beberapa faktor seperti jaringan internet dan pertemuan luring
yang dilaksanakan dalam satu minggu 2x pertemuan dan pada pembelajaran
secara luring waktu pertemuan menjadi terbatas.
Kesimpulanya pada penelitian ini yaitu bahwa kualitas pembelajaran
daring dan luring pada siswa kelas V SD N 3 Tamanrejo Kabupaten Kendal belum
tercapai.Pada pelaksanaan pembelajaran daring terdapat beberapa indikator
kualitas pembelajaran yang belum tercapai, seperti aktivitas siswa, media
pembelajaran, iklim pembelajaran, materi pelajaran dan sistem pembelajaraan.
pada pembelajaran secara luring masih terdapat indikator kualitas pembelajaran
yang belum tercapai seperti iklim pembelajaran, media pembelajaran dan sistem
pembelajaran, namun pada pembelajaran secara luring siswa menjadi aktif
bertanya dan berdiskusi bersama teman- teman.
Kata Kunci : Kualitas pembelajaran, Daring dan Luring.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:28
Last Modified: 21 Oct 2024 06:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5837

Actions (login required)

View Item
View Item