JUMIATI, ARNI (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA GEOBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 01 TAMBIREJO GROBOGA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI_ARNI JUMIATI_17120231.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
ARNI JUMIATI. NPM 17120231. “Keefektifan Model Pembelajaran Talking
Stick Berbantuan Media Geoboard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Bangun Datar Kelas IV SDN 01 Tambirejo Grobogan”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I:
Aries Tika Damayani,S.Pd.,M.Pd. dan Dosen Pembimbing II: Diana Endah
Handayani, S.PD.,M.Pd. 12 November 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar matematika di SDN 01 Tambirejo. Hasil belajar matematika rendah karena
proses belajar mengajar guru masih menggunakan metode ceramah, Hasil belajar
matematika rendah karena belum diterapkan model pembelajaran kooperatif,
Hasil belajar matematika rendah karena belum terciptanya keaktifan siswa dalam
pembelajaran, dan Hasil belajar matematika rendah karena siswa belum terdorong
untuk memahami materi pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan
model Talking Stick berbantuan media Geoboard lebih efektif dibandingkan
dengan model pembelajaran langsung berbantuan media gambar terhadap hasil
belajar peserta didik kelas IV SDN 01 Tambirejo Grobogan?.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk
mengetahui keefektifan model pembelajaran Talking Stickberbantuan Geoboard
pada materi bangun datar kelas IV SDN 01 Tambirejo Grobogan dapat diketahui
pada ketuntasan belajar, nilai rata-rata dan hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk Quasy
Eksperiment Designs bentuk One-Group Pretest-Postest Designs.Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01 Tambirejo. sampel yang
diambil adalah 20 siswa kelas IV dengan menggunakan tehnik Non Probability
Samplingberbentuk Sampling Jenuh. data ini diperoleh melalui tes, dokumentasi,
observasi atau angket.
Hasil penelitian uji t diperoleh maka
Hₒ ditolak maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajran talking stick
berbantu media geoboard efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN
01 Tambirejo Grobogan.
Saran sebaiknya guru dapat mengarahkan siswa ketika pelaksanaan
pembelajaran talking stick agar seluruh siswa dapat berperan aktif dan berani
menjawab
pertanyaan-pertanyaan
yang
diberikan
oleh
guru
sehingga
pembelajaran akan menjadi lebih maksimal.
Kata kunci: Talking Stick, Model Geoboard, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 06:29 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 06:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5835 |