ANALISIS PANDANGAN SISWA KELAS VI TERHADAP PEMBELAJARAN DARING VIA ZOOM MEETING DI SD NEGERI PURBO 03 KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG

ARIYANTI, - (2021) ANALISIS PANDANGAN SISWA KELAS VI TERHADAP PEMBELAJARAN DARING VIA ZOOM MEETING DI SD NEGERI PURBO 03 KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ARIYANTI.pdf] Text
ARIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ARIYANTI. NPM 19126010. “Analisis Pandangan Siswa Kelas VI terhadap
Pembelajaran Daring via Zoom Meeting di SD Negeri Purbo 03 Kecamatan Bawang
Kabupaten Batang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Bu Ervina Eka Subekti,
S.Si., M.Pd. Pembimbing II Ikha Listyarini, S.Pd.,M.Hum. 2021
Pembelajaran berbasis internet yang dilakukan secara daring menjadi
sangat intens dilakukan oleh guru maupun tenaga pendidik di Indonesia sejak
adanya pandemi covid-19 salah satunya di SD N Purbo 03. Guru SD N Purbo 03
sebagai salah satu pengguna layanan belajar jarak jauh memiliki peran yang
sangat signifikan untuk mentransfer ilmu, memfasilitasi, dan mendampingi
peserta didik dalam pembelajaran. Maka, sebelum lebih jauh melihat bagaimana
proses pembelajaran melalui aplikasi, sangat perlu untuk mengetahui terlebih
dahulu bagaimana perspektif siswa melihat kondisi yang terjadi saat ini dan
khususnya penggunaan media Zoom Meeting sebagai media pembelajaran jarak
jauh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
pembelajaran berbasis daring via Zoom Meeting dengan menganalisis pandangan
siswa kelas VI terhadap pembelajaran berbasis daring via Zoom Meeting di SD N
Purbo 03 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Penelitian ini dilakukan di SD
N Purbo 03 tepatnya di kelas VI dalam pelaksanaan pembelajaran daring melalui
Zoom Meeting guna mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh
guru baik dari segi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring di kelas VI SD
N Purbo 03 dengan Zoom Meeting dibagi menjadi tiga tahap yakni tahap
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran
dimana dalam perencanaan pembelajaran guru mempersiapkan pembelajaran
dengan membuat Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) guru juga memberikan
pelatihan penggunaan Zoom Meeting pada siswa kelas VII, dalam tahap
pelaksanaan pembelajaran daring melalui Zoom Meeting guru menyampaikan
materi dibantu dengan media pembelajaran dan menyampaikan materi dengan
memberikan contoh yang dekat dengan lingkungan siswa agar memberikan
pembelajaran yang kontekstual sedangkan dalam tahap evaluasi pembelajaran
dilakukan guru dengan cara memberikan penilaian melalui post test yang
bertujuan guna mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman siswa terhadap
pameteri yang diberikan oleh guru. Pandangan siswa terhadap pembelajaran
daring melalui Zoom Meeting berdasarkan pengalaman siswa didapatkan hasil
bahwa Zoom Meeting memberikan kesan pembelajaran yang menyenangkan,
sebagai media baru, dan merupakan media beradaptasi teknologi masa kini.
Kata kunci: Pembelajaran, Daring, Zoom Meeting

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:24
Last Modified: 21 Oct 2024 06:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5831

Actions (login required)

View Item
View Item