SARI, ANISA PUSPITA (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS III SD NEGERI 01 RINGINARUM. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI_Anisa Puspita Sari_16120329.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ANISA PUSPITA SARI. NPM 16120329. “Keefektifan Model Problem Based
Learning Berbantu Media Gambar Seri terhadap Kemampuan Menulis Karangan
Sederhana Siswa Kelas III SD Negeri 01 Ringinarum Kabupaten Kendal”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi kuranganya pembendaharaan kata dalam
Bahasa Indonesia dan model yang digunakan dalam pembelajaran dikelas
sehingga siswa menjadi cepat bosan dan kurang fokus, Kurangnya pemanfaatan
media belajar yang menarik, sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik
terhadap materi yang disampaikan.
Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu Media
Gambar Seri merupakan model pembelajaran yang menekankan pada keaktifan
siswa dalam memecahkan masalah yang berorientasi pada masalah autentik
kehidupan nyata siswa dengan menggunakan gambar tfenomena alam dan
pengetahuan yang ada dilingkungan sekitar siswa. Permasalahan dalam penelitian
ini adalah “Apakah Model Problem Based Learning Berbantu Media Gambar Seri
Efektif terhadap Karangan Sederhana Siswa Kelas III SD Negeri 01
Ringinarum?”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Experiment Design dengan design one group pretest posttest. Populasi dalam
penelitian ini seluruh siswa kelas III SD Negeri 01 Ringinarum Kabupaten
Kendal. Sampel yang diambil adalah 27 siswa kelas III dengan teknik
nonprobability sampling berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui tes, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil pretest belajar sebesar
68 sedangkan rata-rata hasil posttest belajar sebesar 77,5 dan hasil perhitungan
hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test, diperoleh nilai thitung sebesar
205,7098879 dengan ttabel (α=0,05 , df=25) sebesar 1,70814. Ketuntasan belajar
dari hasil nilai ketuntasan individu siswa SDN 01 Ringinarum Kabupaten Kendal
mendapatkan 21 anak yang sudah tercapai KKM-nya yaitu minimal 72 sedangkan
untuk ketuntasan belajar Klasikal yakni siswa telah tercapai 77,77%.Sehingga
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantu
Media Gambar Seri efektif terhadap hasil belajar menulis karangan sederhana.
Bedasarkan hasil penelitian ini saran yang didapatkan adalah supaya
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Gambar
Seri dapat di gunakan sebagai salah satu alternatif guru untuk mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 05:00 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 05:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5822 |