ARTAMA, ARIF DIAS (2021) ANALISIS EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI WHATSAPP KELAS V SD NEGERI SUKOAGUNG BATANGAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ARIF DIAS ARTAMA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Arif Dias Artama NPM 17120082 “Analisis Evaluasi Proses Pembelajaran
Daring Melalui Aplikasi Whatsapp Kelas V Sd Negeri Sukoagung Batangan”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2021. Dosen Pembimbing I Filia Prima
A, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Mei Fita Asri U, S.Pd., M.Pd.
Kegiatan pembelajaran daring yang dilaksanakan setiap instansi sekolah
merupakan pilihan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia sebagai tindakan untuk mencegah penyebaran
wabah Covid-19. Penggunaan whatsapp sebagai media penghubung pembelajaran
daring menjadi salah salah satu bentuk pelayanan guru untuk tetap melaksanakan
kegiatan pembelajaran yang fleksibel dan mudah dijangkau oleh peserta didik di
sekolah dasar. Pelaksanaan pembelajaran daring melalui whatsapp juga perlu
adanya evaluasi untuk mengetahui capaian tujuan pembelajaran serta hambatan
pembelajaran yang perlu dibenahi agar pembelajaran berjalan lancar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsiskan hasil evaluasi
program pembelajaran daring melalui whatsapp di kelas V SDN Sukoagung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan pembelajaran daring di
kelas V SDN Sukoagung sudah berjalan baik dan layak dijadikan pengganti
pembelajaran tatapmuka selama keadaan darurat. Kompetensi yang dimiliki guru
tetang pedagogi, sosial, dan kepribadian menunjukan guru mampu memberikan
pembelajaran daring dengan baik, namun guru masih belum sepenuhnya memiliki
penguasaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran daring di SDN
Sukoagung juga memiliki hambatan yaitu keterbatasan akses internet, dan peran
beberapa orangtua peserta didik yang belum ikut serta mendampingi selama
kegiatan belajar daring.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 04:54 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5818 |