ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA TEKS PERSUASIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 ADIWERNA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RISANTI, ANGGUN (2021) ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA TEKS PERSUASIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 ADIWERNA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_ANGGUN RISANTI _17410166.pdf] Text
SKRIPSI_ANGGUN RISANTI _17410166.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Anggun Risanti. NPM 17410166. Analisis Kesalahan Ejaan pada Teks
Persuasif Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Adiwerna Tahun Pelajaran
2020/2021. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI
Semarang Pembimbing 1 Ahmad Ripai, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Zainal
Arifin, S.Pd., M.Hum. Mei 2021.
Kata Kunci : Kesalahan berbahasa, kesalahan ejaan, teks persuasif.
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak ditemui kesalahan ejaan yang
dilakukan oleh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Adiwerna tahun pelajaran
2020/2021. Peserta didik juga masih bingung dan kurang paham mengenai ejaan
sesuai dengan kaidah PUEBI. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah
bagaimanakah bentuk kesalahan ejaan pada teks persuasif peserta didik kelas VIII
SMP N 1 Adiwerna tahun pelajaran 2020/2021.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesalahan ejaan pada
teks persuasif peserta didik kelas VIII SMP N 1 Adiwerna tahun pelajaran
2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian yang menggunakan
pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah teks persuasif
peserta didik kelas VIII SMP N 1 Adiwerna tahun ajaran 2020/2021. Data
penelitian ini adalah kesalahan ejaan Bahasa Indonesia pada teks persuasif peserta
didik kelas VIII SMP N 1 Adiwerna tahun ajaran 2020/2021.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode simak dan
metode catat. Metode simak dimulai dengan menyimak dan membaca Teks
persuasif dengan teliti. Kemudian dilanjutkan dengan mencatat kata-kata terdapat
kesalahan ejaan bahasa indonesia dilanjutkan dengan klasifikasi. Metode analisis
data yang yang digunakan adalah metode agih sedangkan metode dan teknik
penyajian analisis data adalah metode informal.
Hasil analisis kesalahan ejaan pada teks persuasif peserta didik kelas VIII
SMP N 1 Adiwerna tahun pelajaran 2020/2021. Terdapat kesalahan penggunaan
huruf kapital sebanyak 86, kesalahan penulisan kata depan sebanyak 43 dan
penulisan tanda baca sebanyak 122. Maka dapat disimpulkan kesalahan ejaan
dalam teks persuasif paling banyak di kerjakan peserta didik adalah kesalahan
ejaan penggunaan tanda baca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:53
Last Modified: 21 Oct 2024 04:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5816

Actions (login required)

View Item
View Item