RACHMAN, ARIEF SYAIFUL (2021) NALISIS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 PRINGTULIS MAYONG JEPARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ARIEF SYAIFUL RACHMAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
ARIEF SYAIFUL RACHMAN. NPM 16120114. “Analisis Penggunaan Gadget
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Pringtulis”. Skripsi. Program Study
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2021.
Konteks Penelitian yang mendorong penelitian ini adalah berkembangnya
teknologi yang pesat membuat siapa saja dapat menggunakan gadget tak
terkecuali anak dibawah umur dan guru juga memperbolehkan siswa
menggunakan gadget untuk keperluan belajar dan bermain untuk hiburan.
Fokus penelitian adalah 1.Berapa banyak waktu siswa menggunakan
gadget dalam kehidupan sehari-hari? 2.Kegiatan apa saja yang siswa lakukan
dalam menggunakan gadget? 3.Bagaimana dampak penggunaan gadget dan hasil
belajar siswa kelas V SDN 2 Pringtulis Jepara?
Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian
yaitu siswa kelas V SDN 2 Pringtulis Jepara. Data yang diperoleh menggunakan
observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil analisis data yang telah
dideskripsikan yaitu penggunaan gadget 8 siswa lebih dari 2 jam karena memiliki
gadget pribadi, 2 siswa ragu-ragu dan 8 siswa mengaku dibawah 2 jam perhari
yang kebanyakan digunakan untuk bermain tapi terkadang digunakan untuk
belajar. Gadget memiliki dampak positif dan negatif, dan dari hasil nilai belajar
siswa kelas V SDN Pringtulis 02 selama tengah semester dapat dilihat dari
delapan belas siswa yang pengguna gadget termasuk dalam kategori cukup baik
karena banyak siswa yang nilai rata-rata diatas kkm yaitu 70 dengan nilai 71-86
dan hanya tiga siswa yang mendapat nilai tiga siswa yang mendapat niai dibawah
kkm yaitu 68-69. Dari data nilai siswa pengguna gadget milik pribadi sekitar
sebelas siswa terdapat dua anak yang nilainya dibawah kkm yaitu 68 dan 69, lima
anak mendapat nilai 71-79, dan tiga anak mendapat nilai 82-86. Dan data siswa
yang pengguna gadget milik orangtua sekitar tujuh siswa mendapat nilai 68 satu
siswa dan enam siswa mendapat nilai antara 71-79.
Dari hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah Guru
diharapkan dapat memberi pengajaran kepada siswa dengan memberikan metode-
metode pembelajaran yang lebih menarik dan memberikan motivasi dalam
penggunaan gadget karena penggunaan gadget sangat berperan penting dalam
membantu kegiatan belajar siswa. Orangtua diharapkan dapat membatasi
penggunaan gadget agar tidak menjadi kebiasaan buruk yang dapat mempengaruh
kehidupan sosial dan kognitif anak, Mengarahkan hal positif dalam penggunaan
gadget terutama dalam hal belajar, mengawasi dan mengontrol dalam penggunaan
gadget
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 04:52 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:52 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5815 |