LESTARI, AMELIA (2021) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 1 SD NEGERI SLEROK 3 KOTA TEGAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI_AMELIA LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
AMELIA LESTARI. NPM 16120434. “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru
Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas 1 SD Negeri Slerok 3 Kota Tegal”.
Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, pembimbing I
Mudzanatun, S.Pd., M.Pd., pembimbing II Mei Fita Asri Untari, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong dalam penelitian ini adalah masih
rendahnya peningkatan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh seorang guru
dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran kompetensi pedagogik
guru dalam pembelajaran tematik di kelas 1 SD Negeri Slerok 3 Kota Tegal?.
Peneliti memfokuskan penelitiannya terhadap indikator kompetensi pedagogik
guru kelas 1 di SD Negeri Slerok 3 Kota Tegal. Adapun indikator kompetensi
pedagogik guru yang diteliti yaitu berdasarkan PP NO. 19 Pasal 28 Tahun 2005
yang terdiri dari 5 aspek antara lain pemahaman terhadap peserta didik,
perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan
pengembangan terhadap peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 2
aspek untuk diteliti yaitu aspek pemahaman peserta didik dan pelaksanaan
pembelajaran.
Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif
dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I SD Negeri
Slerok 3 Kota Tegal. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan ketekunan
pengamatan dan uji kredibilitas dengan melakukan triangulasi data. Teknik
analisis data menggunakan teknik model interaktif Miles & Huberman (reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan).
Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pedagogik guru dalam
pembelajaran tematik di SD Negeri Slerok 3 Kota Tegal dengan indikator
pemahaman terhadap peserta didik guru sudah mampu memahami karakteristik
peserta didik dengan baik. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran guru
sudah memiliki keterampilan dasar dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diajukan dalam
penelitian ini adalah bagi Kepala SD Negeri Slerok 3 Kota Tegal untuk lebih
memperhatikan segala sesuatu yang berkaitan dengan guru dan pendidik. Bagi
guru hendaknya selalu meningkatkan kompetensi pedagogik guru di dalam
indikator pemahaman peserta didik serta pelaksanaan pembelajaran dan harus
menguasai kelima indikator kompetensi pedagogik guru menurut PP NO 19 Pasal
28 ayat (a).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 04:47 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5810 |