PERSEPSI SISWA SMK ISLAMIYAH ADIWERNA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PENJAS

YUSUF, ARIEF BAHARUDIN (2021) PERSEPSI SISWA SMK ISLAMIYAH ADIWERNA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PENJAS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Arief Baharudin Yusuf.pdf] Text
Arief Baharudin Yusuf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Arief Baharudin Yusuf, “Persepsi siswa SMK Islmiyah Adiwerna terhadap
pembelajaran daring di tengah pandemi covid-19 pada mata pelajaran penjas”,
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas
PGRI Semarang, 2021.
Penelitian ini disebabkan adanya pendemi covid-19, dengan dilatar
belakangi tentang pembelajaran daring pada mata pelajaran penjas, rumusan
masalahnya yaitu bagaimana persepsi siswa SMK Islamiyah Adiwerna terhadap
pembelajaran daring ditengah pandemi covid-19 pada mata pelajaran penjas,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa SMK Islamiyah
Adiwerna tentang pembelajaran daring pada mata pelajaran penjas.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan
metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
instrumen angket dengan menggunakan google form dan teknik analisis data
menggunakan persentase statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 1.150 siswa SMK Islamiyah Adiwerna dengan menggunakan teknik
proporsional random sampling sehingga penentuan jumlah sampel 20% dari
jumlah total siswa ini berjumlah 228 siswa SMK Islamiyah Adiwerna. Validitas
sebesar 0,489 dan reliabilitas sebesar 0,799 maka instrumen dalam penelitian ini
dinyatakan reliabel.
Hasil penelitian persepsi siswa pada tiga angkatan terhadap pembelajaran
daring dalam mata pelajaran penjas pada masa pandemi covid-19 di SMK
Islamiya Adiwerna tahun 2021 masuk dalam kategori sangat setuju persentase
6,58% atau 15 siswa, kategori setuju persentase 20,18% atau 46 siswa, kategori
biasa saja persentase 42,54% atau 97 siswa, kategori tidak setuju persentase
24,12% atau 55 siswa, dan kategori sangat tidak setuju persentase 6,58% atau
15 siswa. Hasil tersebut diartikan sebagian persepsi siswa terhadap
pembelajaran daring dalam mata pelajaran penjas pada pandemi covid-19 tahun
2021 dinyatakan biasa saja.
Kesimpulan dari penelitian persepsi siswa terhadap pembelajaran daring
dalam mata pelajaran penjas pada pandemi covid-19 tahun 2021 menyatakan
biasa saja. Hasil yang biasa saja tersebut diartikan bahwa sebagaian besar
siswa menyatakan pembelajaran daring untuk penjas sepenuhnya belum efektif.
Dikarenakan penjas merupakan pembelajaran praktik yang harus dilakukan
dalam aktivitas fisik. Saran dalam penelitian ini diharapkan memberikan
pengetahuan terhadap siswa yang kurang paham dengan pembelajaran daring.
Kata kunci : Persepsi, Pembelajaran Daring, Penjas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:46
Last Modified: 21 Oct 2024 04:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5809

Actions (login required)

View Item
View Item