PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI PECAHAN KELAS IV BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA DI SD KOTA SEMARANG

PUJIASIH, AISYAH TRI (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI PECAHAN KELAS IV BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA DI SD KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi_Aisyah-16120278.pdf] Text
Skripsi_Aisyah-16120278.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

AISYAH TRI PUJIASIH. NPM 16120278. “ Pengembangan Bahan Ajar Pada
Materi Pecahan Kelas IV Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan
Penalaran Siswa Di SD Kota Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah abad 21 menuntut
karakteristik siswa yang memiliki keterampilan belajar dan inovasi, yaitu yang
berkaitan dengan kemampuan memecahkan masalah dan pada aspek kemampuan
penalaran.Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1)
Bagaimanakah
ketersediaan bahan ajar dalam pembelajaran yang sekarang dalam upaya
meningkatkan penalaran pada siswa?, 2) Bagaimanakah langkah mengembangkan
bahan ajar pada materi pecahan berbasis pendekatan open-ended dalam meningkatkan
penalaran siswa kelas IV sekolah dasar?, 3) Apakah bahan ajar pada materi pecahan
kelas IV berbasis pendekatan open-ended layak digunakan dengan kriteria valid
berdasarkan para ahli?.
Jenis Penelitian ini adalah Reseach and Development merupakan metode
penelitian yang digunakan untuk membuat suatu produk dan menguji keefektifan dari
produk tersebut. Subjek penelitian ini adalah Guru SDN Pandean Lamper 02
Semarang dengan menggunakan teknik . data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil
observasi dan angket.
Dari hasil studi pendahuluan peneliti telah membuat produk, dengan penilaian
validasi ahli materi pada tahap 1 sebesar 83,3% dengan kategori baik dan pada tahap
2 sebesar 90,5 % dengan sangat baik. Sedangkan penilaian oleh ahli media pada
tahap 1 sebesar 84,4% dengan kategori baik dan pada tahap 2 sebesar 91,5% dengan
kategori sangat baik. Kemudian pada tahap uji coba produk yang telah dilakukan,
pada penilaian materi oleh guru didapatkan persentase rata-rata sebesar 95,2% dengan
kategori sangat baik, sedangkan pada penilaian media oleh guru didapatkan
persentase rata-rata sebesar 91,5% dengan kategori sangat baik. Kesimpulannya
bahwa buku ajar materi pecahan biasa kelas IV berbasis pendekatan open-ended
dapat diterima dan layak digunakan sebagai buku ajar dalam proses pembelajaran
matematika di kelas IV.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
Bahan Ajar Pada Materi Pecahan Kelas IV Berbasis Pendekatan Open-Ended dapat
digunakan guru sebagai media dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Pecahan, Open-Ended, Penalaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:39
Last Modified: 21 Oct 2024 04:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5802

Actions (login required)

View Item
View Item