PENGARUH E-LEARNING, MINAT BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA N 1 BAE KUDUS

ARISKY, ARDIYA NANDA (2021) PENGARUH E-LEARNING, MINAT BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA N 1 BAE KUDUS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ARDIYA NANDA ARISKY.pdf] Text
ARDIYA NANDA ARISKY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ardiya Nanda Arisky, “Pengaruh E-learning, Minat Belajar dan
Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X
IPS SMA N 1 Bae Kudus”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi
yang dilakukan saat praktik magang 3 dalam proses belajar mengajar pada siswa,
hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi masih belum optimal. Hal ini
dapat dilihat dari perolehan nilai yang didapatkan masih banyak yang dibawah
KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Permasalahan ini cenderung dipengaruhi
karena adanya pandemi COVID-19 yang mengharuskan siswa untuk belajar
dirumah masing-masing. Keterbatasan siswa dan guru dalam menggunakan e-
learning sebagai media untuk belajar membuat siswa kurang semangat dalam
pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari beberapa siswa yang kurang semangat
dalam mengikuti pembelajaran online dan cenderung kurang aktif dalam
mengikuti pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data
primer diperoleh menggunakan instrument angket dan data sekunder diperoleh
dari dokumentasi nilai rapor siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas
X IPS SMA N 1 Bae Kudus dengan Jumlah 143 siswa. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan metode simple random sampling
atau metode pengambilan acak sejumlah 106 siswa. Teknik analisis data pada
penelitian ini menggunakan bantuan SPSS, dengan melakukan uji asumsi klasik,
uji regresi linier berganda, uji t dan uji f.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) e-
learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, (2) minat
belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, (3) keaktifan
belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Simpulan dalam
penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan e-learning, minat
belajar dan keaktifan belajar siswa X IPS SMA N 1 Bae Kudus sebesar 60,4%
terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Sedangkan sisanya sebesar 39,6%
dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci : E-learning, Minat Belajar dan Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:28
Last Modified: 21 Oct 2024 04:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5798

Actions (login required)

View Item
View Item