IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN 2 KALIWENANG KABUPATEN GROBOGAN

TONTOWI, ARDHAN HELFRID (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN 2 KALIWENANG KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ARDHAN HELFRID TONTOWI.pdf] Text
ARDHAN HELFRID TONTOWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)

Abstract

Ardhan Helfrid Tontowi “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah
dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 2 Kaliwenang Kabupaten
Grobogan”. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragamnya kebutuhan siswa dalam belajar,
kebutuhan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran, dan staf lain dalam
pengembangan profesionalnya, berdampak pada keharusan bagi pimpinan lembaga
pendidikan harus mampu merespon dan mengapresiasikan kondisi tersebut didalam
proses pengambilan keputusan untuk peningkatan mutu pendidikan. Rumusan masalah
pada penelitian ini yaitu bagaimana proses implementasi Manajemen Berbasis Sekolah
di SDN 2 Kaliwenang? serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam
pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 2 kaliwenang?. Tujuan pada
penelitian ini yaitu untuk mngetahui proses implementasi Manajemen Berbasis
Sekolah di SDN 2 Kaliwenang serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 2 Kaliwenang.
Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, peneliti melakukan
kegiatan dengan menguraikan data maupun fakta dengan menemukan realita yang
ada dan dilakukan secara terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa penerapan implementasi manajemen
berbasis sekolah di SDN 2 Kaliwenang telah dilaksanakan dengan cukup baik.
Simpulan pada penelitian ini bahwa proses implementasi Manajemen Berbasis
Sekolah di SDN 2 Kaliwenang meliputi efektivitas proses pembelajaran,
kepemimpinan sekolah yang kuat, pengelolaan tenaga yang efektif, sekolah
memiliki kemandirian, partisipasi warga sekolah dan masyarakat serta transparasi
sekolah. Faktor pendukung dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di
SDN 2 Kaliwenang meliputi finansial, sumber daya manusia beserta pemikirannya
serta arana dan prasarana. Sedangkan dan penghambat dalam pelaksanaan
Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 2 Kaliwenang meliputi manajemen sekolah,
peran serta masyarakat dan kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Manajemen, Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:25
Last Modified: 21 Oct 2024 04:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5797

Actions (login required)

View Item
View Item