PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII DI SMA N 1 BANJARHARJO KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2020/2021

Sekarwangi, Aprilia Vini (2021) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII DI SMA N 1 BANJARHARJO KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Aprilia Vini Sekarwangi.pdf] Text
Aprilia Vini Sekarwangi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Aprilia Vini Sekarwangi, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Interaksi
Teman Sebaya Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi
Pada Siswa Kelas XII SMA N 1 Banjarharjo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Ekonomi Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI
Semarang. 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara status
sosial ekonomi dan interaksi teman sebaya terhadap motivasi melanjutkan
pendidikan ke perguruan tinggi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausal untuk
mengetahui ada dan tidaknya pengaruh atau hubungan antara variabel bebas
terhadap variabel terikat. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer disebarkan dan
diperoleh dari hasil survey menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada 309
siswa, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini menggunakan metode proportional random sampling.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 309 siswa sedangkan sampel dari
penelitian ini 167 siswa. Teknik analisa data menggunakan regresi linier berganda
dengan melakukan uji asumsi klasik, uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil analisa data penelitian ini menunjukan bahwa status
sosial ekonomi orangtua memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
motivasi melanjutkan pendidikan, interaksi teman sebaya memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan. Selain itu status
sosial ekonomi orangtua dan interaksi teman sebaya secara simultan memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikanke
perguruan tinggi.
Kata kunci : Status Sosial Ekonomi Orangtua, Interaksi Teman Sebaya, Motivasi
Melanjutkan Pendidikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:19
Last Modified: 21 Oct 2024 04:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5790

Actions (login required)

View Item
View Item