WULANDARI, APRILIA RETNO (2021) PENGEMBANGAN MEDIA SI ATAR BERBASIS ANDROID PADA TEMA 1 SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
APRILIA RETNO WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
Abstract
APRILIA RETNO WULANDARI. NPM 17120275. “Pengembangan Media Si
Atar Berbasis Android Pada Tema 1 Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku
Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing 1
Wawan Priyanto, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Rofian, S.Pd., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah
proses pembelajaran daring masih terkesan monoton, dikarenakan guru kurang
menggunakan media pembelajaran sebagai penunjang untuk pembelajaran
daring. Guru kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran dan belum
pernah mengembangkan media pembelajaran tematik berbasis Android.
Berdasarkan permasalahan yang ada untuk mengembangkan produk media yaitu
Media Si Atar dengan rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimanakah karakteristik
pengembangan media Si Atar berbasis Android pada Tema 1 Subtema
Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah Dasar?, (2) Bagaimanakah
kevalidan dan kepraktisan pengembangan media Si Atar berbasis Android pada
Tema 1 Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah Dasar?.
Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui
karakteristik pengembangan media si atar berbasis android pada tema 1 subtema
keberagaman budaya bangsaku kelas IV sekolah dasar dan mengetahui kevalidan
serta kepraktisan pengembangan media si atar berbasis android pada tema 1
subtema keberagaman budaya bangsaku kelas IV sekolah dasar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian
Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg & Gall dengan
tahapan penelitian yang dilakukan meliputi: (1) Research and information
collecting, (2) Planning, (3) Development preliminary form a product, (4)
Preliminary field testing, (5) Main product revision. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan teknik wawancara dan angket/kuesioner yang dilakukan di
kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 01 dan SD Negeri Peterongan.
Berdasarkan pada pengembangan yang dilakukan, maka karakteristik dari
media Si Atar berbasis Android yaitu media pembelajaran yang dikembangkan
dengan menggunakan Unity berdasarkan model pengembangan dari Borg and
Gall. Hasil penelitian menunjukkan penilaian uji validasi oleh ahli media
memperoleh persentase rata-rata sebesar 95,41% dengan kriteria sangat valid
dan hasil validasi oleh ahli materi memperoleh Persentase rata-rata sebesar
92,5% dengan kriteria sangat valid. Adapun hasil uji coba lapangan memperoleh
Persentase respon guru sebesar 90% dalam kategori sangat praktis dan rata-rata
Persentase respon peserta didik dari 2 sekolah memperoleh sebesar 95,82%
dengan kriteria sangat praktis.
Kesimpulan berdasarkan persentase perolehan hasil uji validasi dan uji
lapangan bahwa pengembangan produk media Si Atar yang dapat digunakan
sebagai media pembelajaran daring yang menarik bagi peserta didik dengan saran
Media Si Atar dapat dimanfaatkan sebagai sarana bermain sekaligus sebagai
belajar yang mudah dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 04:17 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5788 |