Susanti, Hari Nur (2021) MODEL PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN SUSTAINABILITY PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA DI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Hari Nur Susanti_17320008_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Proses pembelajaran bermakna pada guru dan siswa pada sebuah
permasalahan, siswa dituntut untuk merumuskan masalah, mengumpulkan
data, dan menyusun penyelesaian masalah. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui model Project Based Learning bermuatan sustainability pada
pembelajaran sistem peredaran darah untuk meningkatkan berpikir kritis
dan kreativitas siswa di sma. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen
dan teknik Sampling Jenuh. Teknik analisis data pada penelitian ini
adalah kuantitatif dengan bantuan SPSS versi 26.0. Penelitian ini
melibatkan dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 4. Pada
uji N-Gain pre-test ke post-test berpikir kritis kelas XI MIPA 1
memperoleh 74,90, sedangkan kelas XI MIPA 4 memperoleh 79,65. Uji
T-Dependent berpikir kritis kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 4
menunjukkan nilai, 0,000 (sig.) < 0,05. Pada kreativitas siswa
memperoleh nilai 89% pada kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 4 sudah
mencapai kategori nilai minimal baik. Dengan hasil uji analisis, model
Project Based Learning bermuatan sustainability mampu meningkatkan
berpikir kritis dan kreativitas siswa.
Kata Kunci: Project Based Learning, Sustainability, Berpikir Kritis,
Kreativitas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 04:08 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5778 |