Rizqi, Hanifah Nur (2021) ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA TEKS EKSPOSISI KARYA SISWA KELAS X SMA N 03 BREBES TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Hanifah Nur Rizqi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman akan ketidaktepatan
peserta didik kelas X SMA N 03 Brebes tahun pelajaran 2020/2021 terhadap
penggunaan ejaan bahasa Indonesia sehingga mengakibatkan banyak terjadi
kesalahan dalam penulisan.
Rumusan masalah ini adalah bagaimana wujud kesalahan ejaan teks
eksposisi peserta didik kelas X SMA N 03 Brebes tahun pelajaran 2020/2021?
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan analisis kesalahan
ejaan pada teks eksposisi karya siswa kelas X SMA N 03 Brebes tahun pelajaran
2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian
ini adalah karangan teks eksposisi siswa kelas X SMA N 03 Brebes tahun
pelajaran 2020/2021. Data dalam penelitian ini adalah wacana yang di dalamnya
terdapat kesalahan ejaan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA
N 03 Brebes dengan jumlah keseluruhan 362 siswa. Sampel dalam penelitian ini
adalah 15% dari jumlah siswa kelas X SMA N 03 Brebes tahun pelajaran
2020/2021 yaitu 54 siswa. Metode penyediaan data dalam penelitian ini adalah
metode simak. Teknik penyediaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik catat. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih.
Teknik dasar dalam metode agih disebut teknik bagi unsur langsung atau teknik
BUL. Teknik lanjutan yang digunakan dalam metode agih yaitu teknik lesap,
teknik ganti, dan teknik sisip. Metode yang digunakan dalam penyajian hasil data
menggunakan metode penyajian informal.
Berdasarkan hasil analisis terdapat 7 klasifikasi kesalahan ejaan pada teks
eksposisi yang ditulis oleh peserta didik kelas X SMA N 03 Brebes tahun
pelajaran 2020/2021. Adapun klasifikasi kesalahan yang ditemukan dalam
penelitian ini yaitu kesalahan huruf kapital, kesalahan penulisan huruf miring,
kesalahan penulisan kata, kesalahan memenggal kata, kesalahan penulisan
lambang bilangan, kesalahan penulisan unsur serapan, dan kesalahan penulisan
tanda baca.
Saran yang dapat disampaikan oleh penulis adalah pendidik lebih
memberikan kontrol terhadap pembelajaran siswa pada materi teks eksposisi
terutama aspek ejaan selama pembelajaran daring. Pendidik memberikan
pemahaman yang lebih mengenai aspek ejaan. Peserta didik lebih meningkatkan
kreativitas dalam membuat teks eksposisi.
Kata kunci: analisis, kesalahan ejaan, teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 03:54 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 03:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5765 |