ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

PERMATAHATI, INDAH (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_17310108_INDAH PERMATAHATI (1).pdf] Text
SKRIPSI_17310108_INDAH PERMATAHATI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan peserta didik
dalam menyelesaikan soal matematika materi teorema pythagoras ditinjau dari
kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang dan rendah. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes
tertulis dan wawancara. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive
Sampling. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa SMPN 14 Semarang kelas IX-F
diantaranya satu siswa berkemampuan berpikir kritis tinggi, satu siswa
berkemampuan berpikir kritis sedang, dan satu siswa berkemampuan berpikir
kritis rendah. Teknik analisis dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan
data menggunakan triangulasi metode dengan membandingkan hasil tes dan
wawancara. Hasil penelitian di peroleh (1) Peserta didik dengan kemampuan
berpikir kritis tinggi mampu memenuhi semua tahapan polya seperti memahami
masalah (Understanding the problem), memikirkan rencana (Devising a plan),
melaksanakan rencana (Carrying out the plan), dan memeriksa kembali jawaban
(Looking back). (2) Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis sedang hanya
mampu memenuhi beberapa tahapan polya seperti memahami masalah
(Understanding the problem), memikirkan rencana (Devising a plan), sedangkan
pada melaksanakan rencana (Carrying out the plan) kurang memenuhi dan
memeriksa kembali jawaban (Looking back) tidak memenuhi. (3) Peserta didik
dengan kemampuan berpikir kritis rendah memenuhi satu tahapan polya seperti
memahami masalah (Understanding the problem) kemudian untuk tahap kedua
yaitu memikirkan rencana (Devising a plan) tidak memenuhi sedangkan pada
melaksanakan rencana (Carrying out the plan) kurang memenuhi, dan memeriksa
kembali jawaban (Looking back) tidak memenuhi.
Kata kunci : Analisis Kesalahan; Kemampuan Berpikir Kritis; Tahapan Polya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:51
Last Modified: 21 Oct 2024 03:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5759

Actions (login required)

View Item
View Item