PENGARUH SELF-ESTEEM DAN SELF-REGULATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DI MASA PANDEMI COVID-19

WARDANI, ANNA SETYA (2021) PENGARUH SELF-ESTEEM DAN SELF-REGULATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANNA SETYA WARDANI - SKRIPSI.pdf] Text
ANNA SETYA WARDANI - SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran dari rumah di masa pandemi
Covid-19 merupakan hal baru bagi siswa, yang mengharuskan siswa lebih aktif
dan belajar secara mandiri agar mendapatkan prestasi belajar yang maksimal.
Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain self-esteem dan self-
regulation. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat
pengaruh self-esteem dan self-regulation terhadap prestasi belajar matematika
siswa kelas VIII SMP di masa pandemi Covid-19?. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear
berganda. Adapun populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Wedarijaksa yang berjumlah 299 siswa, dengan metode pengambilan
sampel yakni simple random sampling dengan sampel berjumlah 52 siswa.
Metode pengumpulan data menggunakan angket, soal uraian, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dengan analisis uji t antara self-esteem terhadap prestasi belajar
matematika siswa sebesar 3,126, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara
self-esteem terhadap prestasi belajar matematika siswa. Analisis uji t antara self-
regulation terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 2,136 artinya
terdapat pengaruh yang signifikan antara self-esteem terhadap prestasi belajar
matematika siswa. Analisis uji F untuk menguji signifikansi koefisien regresi
linear berganda antara self-esteem dan self-regulation terhadap prestasi belajar
matematika siswa sebesar 27,315, artinya terdapat pengaruh yang signifikan
antara self-esteem dan self-regulation terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Koefisien determinasi sebesar 52,7% variabel self-esteem dan self-regulation
dalam penelitian ini mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa di masa
pandemi Covid-19 dengan korelasi koefiesien berganda sebesar 0,726.
Sedangkan 47,3% sisanya perubahan prestasi belajar matematika siswa
dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci: Self-Esteem, Self-Regulation, dan Prestasi Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:45
Last Modified: 21 Oct 2024 03:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5755

Actions (login required)

View Item
View Item