ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PREPOSISI DI- DAN PREFIKS DI- DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

PERMATASARI, ANITA (2021) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PREPOSISI DI- DAN PREFIKS DI- DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANITA P 17410085.pdf] Text
ANITA P 17410085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi
oleh
kurangnya kemampuan dalam
menuangkan pikiran atau ide ke dalam tulisan dan kurangnya kepahaman peserta
didik dalam penulisan yang sesuai tata bahasa dan kaidah kebahasaan yang
berlaku, khususnya pada penggunaan preposisi di- dan prefiks di-. Keduanya
memiliki bentuk yang sama, sehingga peserta didik sulit membedakan dan sering
melakukan kesalahan atau keliru dalam menuliskannya. Hal tersebut dapat
menyebabkan teks biografi kurang dipahami maksud dan tujuannya oleh pembaca
atau orang lain.
Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah kesalahan
penggunaan preposisi di- dan prefiks di- dalam pembelajaran menulis teks
biografi karangan peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Pemalang tahun pelajaran
2020/2021? Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis
kesalahan atau kekeliruan penggunaan preposisi di- dan prefiks di- yang terdapat
dalam teks biografi karangan peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Pemalang
tahun pelajaran 2020/2021.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan metode simak dan teknik catat dengan mengumpulkan teks biografi
karangan peserta didik untuk dianalisis. Kemudian, analisis data dilakukan
melalui redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi
data penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
terdapat kesalahan penggunaan preposisi di- yang tidak sesuai dengan fungsinya
berjumlah 26 kasus dan kesalahan penggunaan prefiks di- yang tidak sesuai
dengan fungsinya berjumlah 14 kasus. Hal tersebut menunjukkan bahwa
pembelajaran atau pengajaran bahasa Indonesia terutama pada pengetahuan
tentang afiksasi (imbuhan) dan kata tugas (preposisi) belum terlalu dipahami oleh
peserta didik. Saran yang dapat penullis sampaikan adalah guru perlu memberikan
tambahan pengetahuan mengenai ilmu linguistk khususnya pada pengetahuan
afiksasi (imbuhan) dan kata tugas (preposisi) yang sesuai kaidah kebahasaan
Indonesia dengan mengenalkan peserta didik pada PUEBI atau Tata Bahasa Baku
Bahasa Indonesia.
Kata kunci: preposisi di-, prefiks di-, teks biografi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:39
Last Modified: 21 Oct 2024 03:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item
View Item