HALIMAH, - (2021) IMPLEMENTASI SURAT EDARAN NOMOR 15 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN BELAJAR DARI RUMAH DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 19) DI SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
HALIMAH_PGSD_UJIAN 3 JUNI 2021.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
HALIMAH. NPM 17120051. “Implementasi Surat Edaran Nomor 15 Tahun
2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa
Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Sekolah Dasar Negeri
Kabupaten Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2021. Dosen Pembimbing
I: Drs. Suyitno, M.Pd., Dosen Pembimbing II: Arfilia Wijayanti, S.Pd., M.Pd
Latar belakang yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini adalah
permasalahan yang dihadapi oleh orang tua dan guru pada pelaksanaan BDR. Hal
ini berkaitan dengan kesiapan dan kelayakan dalam penyelenggaraan BDR pada
kondisi pandemi COVID-19 yang dilakukan oleh kepala SDN di Kabupaten Pati.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah implementasi surat edaran
nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan BDR dalam masa
darurat penyebaran COVID-19 SDN di Kawedanan Jakenan Kabupaten Pati.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi surat edaran nomor
15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan BDR dalam masa darurat
penyebaran COVID-19 SDN di Kawedanan Jakenan Kabupaten Pati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan naturalistik, karena penelitian dilakukan pada kondisi yang alamiah.
Subjek penelitian ini adalah kepala SDN, dan objek penelitian ini adalah SDN di
Kawedanan Jakenan. Data dalam penelitian yang diperoleh dari fakta untuk
memecahkan masalah dari surat edaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah
kepala SDN dan pengawas SDN di Kawedanan Jakenan. Instrumen yang
digunakan yaitu kuesioner (google form) dan wawancara. Metode analisis data
yang digunakan yaitu analisis model Miles and Huberman dengan analisis data
kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus.
Hasil analisis dari implementasi surat edaran nomor 15 tahun 2020 tentang
pedoman penyelenggaraan BDR dalam masa darurat penyebaran COVID-19 SDN
di Kawedanan Jakenan, menunjukkan bahwa sudah dilaksanakan dengan baik
yaitu mencapai 89,9%. Hal ini dikaji melalui 8 aspek, yaitu model pengelolaan,
sistem pembelajaran, rencana pembelajaran, pembinaan dan pemantauan, saran
dan prasarana, program pengasuhan, tim siaga darurat, dan laporan. Hasil
didapatkan melalui kuesioner dengan 72 responden kepala SDN, dan wawancara
pada pengawas SDN. Keterlaksanaan BDR SDN di Kawedanan Jakenan selama
pandemi COVID-19 telah berjalan sesuai dengan surat edaran yang berlaku.
Secara keseluruhan aspek yang dikaji kepala SDN telah melaksanakan surat
edaran.
Saran yang dapat disampaikan adalah, bagi kepala SDN yang belum
menerapkan surat edaran terkait BDR, untuk dapat menyesuaikan dan
melaksanakan dengan baik. Kepala SDN juga dapat memanfaatan sarana dan
prasarana, meningkatkan model pengelolaan model pembelajaran, sistem
pembelajaran, pembinaan dan pemantauan, pengasuhan bagi warga sekolah
dengan baik dan maksimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 03:37 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 03:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5747 |