ASTIANA, YUNIA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KARANGTEMPEL SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI_16120412_ YUNIA ASTIANA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
YUNIA ASTIANA. NPM 16120412. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah
Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri
Karangtempel Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan peserta didik dalam
mengerjakan soal pemecahan masalah dalam bentuk soal cerita yaitu ketidakmampuan
mereka dalam menerjemahkan soal cerita ke dalam model matematika.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan pemecahan masalah dalam
menyelesaikan soal cerita pecahan pada peserta didik kelas V SD Negeri Karangtempel
Semarang, 2) Bagaimana cara meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam
menyelesaikan soal cerita pecahan pada peserta didik kelas V SD Negeri Karangtempel
Semarang Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk
menganalisis kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita pecahan
pada peserta didik kelas V SD Negeri Karangtempel Semarang, 2) Mengetahui cara
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita
pecahan pada peserta didik kelas V SD Negeri Karangtempel Semarang.
Pendekatan yang akan dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian
deskritif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes
tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan subjek pada penelitian ini dengan
teknik purposive sampling. Wawancara dilakukan dengan subjek penelitian dan guru
kelas V SD Negeri Karangtempel Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian di SD Negeri Karangtempel Semarang, kemampuan
pemecahan masalah peserta didik berkemampuan rendah hanya dapat melalui langkah
memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian. Peserta didik berkemampuan
sedang dapat melalui langkah memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, dan
melaksanakan rencana penyelesaian. Peserta didik berkemampuan tinggi mampu melalui
semua langkah- langkah pemecahan masalah Polya. Akan tetapi dalam mengecek
kembali jawaban yang diperoleh masih kuang diperhatikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan kepada guru yaitu
lebih banyak memberikan pemecahan masalah yang berbentuk soal cerita. Saran bagi
peserta didik adalah lebih rajin untuk berlatih menyeles
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 03:31 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 03:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5740 |