PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS WHATSAPP TERHADAP KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK PASSING ATAS BOLA VOLI KELAS X SMK ISLAM AL-HIKMAH 1 MAYONG JEPARA

Saputro, Muhammad Febriliant (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS WHATSAPP TERHADAP KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK PASSING ATAS BOLA VOLI KELAS X SMK ISLAM AL-HIKMAH 1 MAYONG JEPARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi.pdf] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Muhammad Febrilianto Saputro. “Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis
WhatsApp Terhadap Keterampilan Psikomotorik Passing Atas Bola Voli Kelas X
SMK Islam Al-Hikmah 1 Mayong Jepara”. Program Studi Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2021.
Latar belakang penelitian adalah saat observasi di SMK Islam Al-Hikmah
1 Mayong Jepara banyak siswa kelas x yang mengalami penurunan nilai pada
mata pelajaran penjas materi passing atas bola voli dalam situasi pandemi covid-
19 menagalami kesulitan ketika mengikuti pembelajaran yang dilakukan secara
daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu siswa lebih mudah
mempelajari passing atas dengan menerapkan metode drill melalui aplikasi
WhatsApp
untuk
dijadikan
alternatif
dalam
meningkatkan
kemampuan
keterampilan gerak psikomotorik passing atas bola voli.
Desain penelitian ini adalah experiment dengan desain penelitian yang
digunakan adalah “One groups pretest-posttest design”. Hasil dari data penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh metode drill yang diterapkan melalui aplikasi
WhatsApp terhadap keterampilan passing atas bola voli kelas X TAV 1 SMK
Islam Al-Hikmah 1 Mayong Jepara Pretest n 30, minimum 62, maksimum 80,
mean 73.23, dan standart deviasi 4.826, Posttest n 30, minimum 62, maksimum
90, mean 81.33, dan standart deviasi 6.456. prestest nilai p (sig) 0.073 (p<α),
α:0.05 maka dapat disimpulkan bahwa data media gambar tersebut dinyatakan
normal. posttest nilai p (sig) 0.007 (p<α), α:0.05 maka dapat disimpulkan bahwa
data media gambar tersebut dinyatakan tidak normal.
Berdasarkan hasil analisis data, pengujian hasil penelitian, dan
pembahasan, dapat diambil kesimpulan, yaitu:. pembelajaran daring berbasis
WhatsApp menggunakan metode drill cukup efektif dalam membantu
meningkatkan kompetensi belajar passing atas siswa terbukti dengan nilai rata-
rata pretest 73.23 sedangkan nilai rata-rata postest 81.33.
Kata kunci:Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, WhatsApp, Metode Drill,
Passing Atas Bola Voli

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:26
Last Modified: 21 Oct 2024 03:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5739

Actions (login required)

View Item
View Item