ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK MELALUI MEDIA DARING DI MASA COVID-19 SISWA SMP KELAS VII SE KECAMATAN ADIMULYO 2021

Indrawan, Zain (2021) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK MELALUI MEDIA DARING DI MASA COVID-19 SISWA SMP KELAS VII SE KECAMATAN ADIMULYO 2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI Zain Indrawan.pdf] Text
SKRIPSI Zain Indrawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Zain Indrawan. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Melalui Media
Daring Di Masa COVID-19 Siswa SMP Kelas VII Se Kecamata Adimulyo
2021”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang, 2021.
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah pembelajaran PJOK
berbasis daring yang mempengaruhi hasil belajar siswa selama pandemi
COVID-19, oleh karena itu perlu adanya gambaran proses pembelajaran
PJOK berbasis daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses
pembelajaran PJOK berbasis daring di masa pandemi COVID-19 serta
persepsi siswa dan guru terhadap pembelajaran daring di masa pandemi
COVID-19.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dan
sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder.
Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi,
wawancara, dokumentasi dan angket.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran daring di
SMP siswa kelas VII se Kecamatan Adimulyo sudah berjalan dengan baik
namun masih ada kendala yaitu yang utama sinyal dan kuota internet yang
menyebabkan siswa dalam mengikuti pelajaran tidak nyaman. Persepsi
siswa terhadap pembelajaran daring yaitu materi yang diberikan guru mudah
dipahami dan cukup menarik karena disertai dengan gambar dan video.
Siswa juga merindukan pembelajaran secara tatap muka langsung di
sekolah. Persepsi guru terhadap pembelajaran daring yaitu sampai saat ini
belum ada kelebihannya karena guru tidak dapat melakukan pembelajaran
secara langsung dengan siswa. Pembelajaran daring juga berdampak pada
hasil belajar siswa yang menurun yaitu mencapai 60% Maka, dengan segala
cara guru pun rela melakukan home visit bagi siswa yang memang perlu dan
sangat membutuhkan bimbingan dari guru.
Kesimpulannya adalah pembelajaran daring sudah berjalan dengan
baik namun masih ada kendala yaitu sinyal dan kuota internet. Persepsi
siswa tentang pembelajaran daring sudah menarik karena disertai gambar
dan video. Persepsi guru tentang pembelajaran daring yaitu sampai saat ini
belum ada kelebihannya karena guru tidak dapat melakukan pembelajaran
secara langsung dengan siswa dan pembelajaran daring juga berdampak
pada hasil belajar siswa yang menurun yaitu mencapai 60%.
Kata Kunci : pembelajaran daring PJOK, persepsi, pandemi COVID-I9

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:17
Last Modified: 21 Oct 2024 03:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5733

Actions (login required)

View Item
View Item