ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD BILINGUAL MUHAMMADIYAH 1 PURWODADI

SA’IDAH, ANISATUS (2021) ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD BILINGUAL MUHAMMADIYAH 1 PURWODADI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANISATUS SA’IDAH.pdf] Text
ANISATUS SA’IDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Anisatus Saidah. NPM 17120282. “Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter
dalam Pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas IV SD Bilingual Muhammadiyah
1 Purwodadi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021. Dosen Pembimbing I
Muhammad Arief Budiman. M.Hum. dan Dosen Pembimbing II Arflia Wijayanti,
S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemerosotan moral yang terjadi dalam
dunia pendidikan. Pendidikan karakter menjadi isu penting dalam dunia
pendidikan, hal ini berkaitan dengan maraknya tindakan amoral yang semakin
meningkat ditengah-tengah masyarakat maupun lingkungan sekolah. Oleh karena
itu, pendidikan karakter harus menjadi program utama yang harus dijalankan dan
diintegrasikan terutama dalam lingkungan pendidikan formal. Pendidikan karakter
harus direalisasikan dalam setiap mata pelajaran, salah satunya yaitu pembelajaran
bahasa inggris.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pendidikan
karakter dalam
pembelajaran
bahasa
inggris kelas IV
SD
Bilingual
Muhammadiyah 1 Purwodadi? (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter
dalam pembelajaran bahasa inggris kelas IV SD Bilingual Muhammadiyah 1
Purwodadi? (3) Apa saja kendala pelaksanaan pendidikan karakter dalam
pembelajaran bahasa inggris di kelas IV SD Bilingual Muhammadiyah 1
Purwodadi?
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi (2) wawancara (3) angket
dan (4) dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru bahasa
inggris SD Bilingual Muhammadiyah 1 Purwodadi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perencanaan pendidikan
karakter dalam pembelajaran bahasa inggris sudah terintegrasi baik silabus
maupun RPP. Pelaksanaan pendidikan karakter sudah berjalan dengan baik
dengan rata-rata nilai karakter religius mendapatkan rata-rata 93%, nilai karakter
nasionalisme mendapatkan rata-rata sebesar 65,9%, nilai karakter gotong royong
mendapatkan rata-rata sebesar 87,8%, nilai karakter integritas mendapatkan sata-
sata sebesar 86,1%, dan nilai karakter mandiri mendapatkan rata-rata sebesar
85%. Kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter pembelajaran bahasa
inggris yaitu terbatasnya waktu dan kurangnya penggunaan media pembelajaran.
Saran yang disampaikan hendaknya siswa lebih meningkatkan dan
mengembangkan karakter selama pembelajaran dan guru menjadi pendidik yang
dapat memberikan contoh dan teladan bagi peserta didik dalam membentuk
karakternya.
Kata Kunci: pendidikan karakter, nilai karakter, bahasa inggris

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:16
Last Modified: 21 Oct 2024 03:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5732

Actions (login required)

View Item
View Item