AMALIYAH, YESSI (2021) ANALISIS PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI DI SD TAKHASSUS AL-QUR’AN AL-IKHLAS BREBES. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
skripsi yessi Amaliyah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
YESSI AMALIYAH. NPM 17120377. “Analisis Penanaman Nilai
Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi di SD Takhassus Al-Qur‟an
Al-Ikhlas Brebes”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021. Dosen pembimbing
I: Rofian S, Pd. M, Pd. Dosen pembimbing II: Mei Fita Asri Untari, S, Pd. M, Pd.
Konteks penelitian ini adalah penanaman nilai karakter religius yang ada
di kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI yang mempunyai peran yang penting
dalam rangka pembentukan karakter peserta didik. Yang di maksudkan dalam hal
ini adalah karakter religius. Penanaman karakter religius didalam kelas
dilaksanakan melalui program yang dirancang khusus oleh guru sedangkan yang
diluar kelas dilaksanakan melalui kegiatan ektrakulikuler tilawah.
Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan penanaman
nilai karakter religius di kelas tinggi di SD Takhassus Al-Qur‟an Al-Ikhlas
Brebes?. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan penanaman
nilai karakter religius di kelas tinggi di SD Takhassus Al-Qur‟an Al-Ikhlas
Brebes.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik kelas tinggi
yaitu kelas IV, V, dan VI yang diambil salah satu siswa perkelas dengan metode
pengumpulan data secara wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini
dilaksanakan di SD Takhassus Al-Qur‟an (SDTQ) Al-Ikhlas Brebes pada tahun
ajaran 2020/2021.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penanaman nilai karakter religius
di SDTQ Al-Ikhlas Brebes meliputi 2 kegiatan yaitu didalam kelas maupun diluar
kelas. Kegiatan pembelajaran didalam kelas, Penanaman karakter religius tampak
setelah kegiatan berlangsung yaitu semakin tumbuhnya rasa cintanya kepada
agama yang di anutnya karena guru membiasakan peserta didik untuk menghafal
al-qur‟an, membiasakan sholat dhuha, dan membiasakan murojaah. Kegiatan
diluar kelas yaitu kegiatan ekstrakulikuler rebana penanam nilai karakter religius
nampak ketika peserta didik bersholawat dan di iringi dengan musik rebana, hal
ini menunjukan bahwa guru menanamkan nilai karakter religius melalui sholawat
nabi, agar ingat kepada nabi Muhammad SAW dan mendapatkan syafaatnya.
Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan adalah supaya pihak
sekolah lebih meningkatkan lagi kegiatan penanaman nilai karakter religius, dan
siswa lebih giat lagi dalam mengikuti semua kegiatan yang ada di sekolah.
Kata kunci : Pendidikan karakter, karakter religius, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 03:14 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 03:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5729 |