ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA

FITRIYANI, HABIBAH DWI (2021) ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HABIBAH DWI FITRIYANI (16410142).pdf] Text
HABIBAH DWI FITRIYANI (16410142).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Habibah Dwi Fitriyani, NPM 16410142. Penelitian ini dilatarbelakangi kepribadian
tokoh utama bernama Enong. Enong merupakan gadis kecil berusia 14 tahun yang memiliki
kepribadian mandiri dan peduli terhadap dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dari semangatnya
Enong yang tak lupa selalu belajar dan ingin meraih cita-citanya sebagai guru bahasa Inggris.
Akan tetapi, suatu kejadian yang dialami keluarganya mengharuskan Enong berhenti sekolah.
Enong merelakan pendidikannya demi menjadi seorang pendulang timah, mengambil alih peran
ayahnya menjadi tulang punggung keluarga bagi ibu dan adik-adiknya setelah sang ayah
meninggal dunia.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah unsur-unsur yang
membangun dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata dan bagaimanakah aspek
kepribadian tokoh utama dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata? dan bagaimanakah
novel Padang Bulan karya Andrea Hirata sebagai alternatif bahan ajar bahasa Indonesia di SMA?
Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun dalam novel
Padang Bulan karya Andrea Hirata, untuk mendeskripsikan aspek kepribadian tokoh utama dalam
novel Padang Bulan karya Andrea Hirata, dan untuk mendeskripsikan novel Padang Bulan karya
Andrea Hirata sebagai alternatif bahan ajar bahasa Indonesia di SMA.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan pendekatan
kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan catat.
Instrumen dalam penelitian ini adalah kartu data. Kartu data bertujuan sebagai sarana dalam proses
untuk pencarian dan penganalisisan data. Teknik penyajian dalam penelitian ini adalah
menggunakan teknik penyajian informal, karena perumusan data berupa kata-kata biasa, walaupun
dengan terminologi yang sifatnya menggunakan teknis.
Dari analisis akhir yang dilakukan ditemukanadanya Hasil penelitian adalah sebagai
berikut: (1) Struktur kepribadian tokoh utama terdiri dari Id, Ego, dan Superego. Id mempengaruhi
ketekunan tokoh utama untuk menggapai cita-citanya sebagai guru bahasa Inggris. Ego meredakan
kecemasan-kecemasan pada diri tokoh utama, dan Superego mengendalikan sikap-sikap tokoh
utama. (2) Dinamika kepribadian tokoh utama dipengaruhi oleh naluri, distribusi dan pemakaian
energy, dan kecemasan meliputi: realistik, neurotik, dan moral. (3) Kepribadian tokoh utama
berdasarkan pengaruh Id, Ego, dan Superego yaitu tidak patah semangat, sabar, keras kepala,
ambisius, pantang menyerah, pemimpi, bersedia melakukan apa saja demi mencapai tujuannya,
bersemangat dan percaya diri, dan peduli.
Kata Kunci: tokoh utama, aspek kepribadian, psikoanalisis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:16
Last Modified: 21 Oct 2024 03:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5728

Actions (login required)

View Item
View Item