KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TENGKI 01 MATA PELAJARAN IPA

HALIZA, ANISA NURUL (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TENGKI 01 MATA PELAJARAN IPA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Anisa Nurul Haliza.pdf] Text
Anisa Nurul Haliza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ANISA NURUL HALIZA. NPM 17120160. “Keefektifan Model Pembelajaran
Project Based Learning Berbantu Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas IV SDN Tengki 01 Mata Pelajaran IPA”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I : Drs. Kiswoyo, MM. Pembimbing II : Prasena
Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini di latar belakangi oleh kegiatan saat pembelajaran IPA guru
hanya menggunakan metode ceramah sehingga proses pembelajaran menjadi
monoton jarang sekali melakukan diskusi kelompok atau membuat suatu proyek
dalam kelompok. Media yang digunakan hanya media yang ada disekolah yaitu
buku dan papan tulis saja sehingga kurang mampu untuk diserap oleh siswa dan
kurang menarik perhatian siswa. penerapan model pembelajaran yang digunakan
juga belum optimal sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran
terutama pada mata pelajaran IPA. .
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah model pembelajaran project
based learning berbantu media video efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV
SDN Tengki 01 mata pelajaran IPA. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian
ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran project based learning
berbantu media video efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Tengki
01.
Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi pada
penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas IV SDN Tengki 01. Data diperoleh
melalui wawancara, dokumentasi, tes, dan tatap muka.
Hasil analisis akhir menunjukan adanya keefektifan model pembelajaran
project based learning berbantu media video terhadap hasil belajar siswa kelas IV
SDN Tengki 01. Hal itu dibukikan dengan
sebanyak 3,346 dan
sebanyak 2,131 maka
>
sehingga
ditolak dan
diterima.
Pengujian tersebut diambil melalui nilai pretest-posttest. Simpulan dari penelitian
ini adalah adanya keefektifan model pembelajaran project based learning
berbantu media video terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Tengki 01.
Saran yang dapat disampaikan adalah dengan adanya model pembelajaran
project based learning berbantu media video dapat meningkatkan kreatifitas dan
inovasi guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
ipa dan menjadi salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:12
Last Modified: 21 Oct 2024 03:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item
View Item