KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI E-LEARNING BERBASIS GOOGLE FORM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 01 KEBONDALEM PEMALANG

FITRIA, ANISA (2021) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI E-LEARNING BERBASIS GOOGLE FORM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 01 KEBONDALEM PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Anisa Fitria.pdf] Text
Anisa Fitria.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ANISA FITRIA. NPM 17120121. “Keefektifan Pembelajaran IPS Melalui E-
Learning Berbasis Google Form Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD
Negeri 01 Kebondalem Pemalang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran jarak jauh dengan
menggunakan media WhatsApp group dimana materi pembelajaran di bagikan
dalam bentuk pdf dan foto materi terkadang juga berupa video pembelajaran.
Namun jika dalam bentuk video para peserta didik tidak membukanya karena
mengguras banyak kuota dan mengguras kapasitas memori handphone.
Kurangnya interaksi dalam pembelajaran karena WhatsApp group dibatasi.
Pembelajaran IPS cenderung membosankan karena banyaknya materi dalam
bentuk bacaan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
desain penelitian menggunakan Pra-Experimental Design. Jenis desain yang
digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah
siswa kelas V SD Negeri 01 Kebondalem Pemalang. Menggunakan teknik
sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, wawancara, dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai pretest yang telah dilakuan
dengan hasil rata-rata nilai 53,33 terdapat 7 peserta didik tuntas dan 29 peserta
didik tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal 19%. Sedangkan hasil nilai posttest
rata-rata nilai 82,91 terdapat 30 peserta didik tuntas dan 6 peserta didik tidak
tuntas dengan ketuntasan klasikal 83%. Rata-rata nilai pretest dan nilai posttest
mengalami peningkatan sebesar 29,58 artinya ada perbedaan rata-rata nilai pretest
dan nilai posttest. Dengan uj t diperoleh thitung = 9,227 untuk taraf signifikan 5%
dengan db = n-1 dilihat dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 2,028. Artinya
perhitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 9,227 > 2,028 hal tersebut
menunjukkan bahwa uji t hasil belajar signifikan sehingga H0 ditolak. Berdasarkan
perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis statistik Ha diterima.
Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran E-learning berbasis Google
Form efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 01
Kebondalem Pemalang 2020/2021.
Kata Kunci: pembelajaran IPS, e-learning, google form

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:01
Last Modified: 21 Oct 2024 03:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5720

Actions (login required)

View Item
View Item