RAHAYU, ANISA DWI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Anisa Dwi Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ANISA DWI RAHAYU. NPM 17120248 “Analisis Kemampuan Komunikasi
Matematis Pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Ryky Mandar Sary, S.Pd., M.Pd. dan
Pembimbing II Dr. Bagus Ardi Saputro, M.Pd. 2021.
Hasil studi pendahuluan dengan didukung penelitian yang relevan
memberikan gambaran mengenai pembelajaran matematika di kelas dan
komunikasi matematis siswa yaitu: siswa kesulitan menerapkan rumus dalam
penyelesaian soal, kesulitan mengilustrasikan soal ke dalam model/gambar
matematika dam kesulitan menjelaskan sebuah gambar bangun ruang. Fokus
penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis materi volume balok dan
tabung di kelas V. Pertanyaan penelitian yaitu bagaimana kemampuan komunikasi
matematis pada materi volume bangun ruang siswa kelas V Sekolah Dasar di
Kabupaten Demak? Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan
komunikasi matematis siswa materi volume balok dan tabung di kelas V SDN
Grogol 01 Demak.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN
Grogol 01 Demak pada Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan sumber data yang
digunakan adalah siswa kelas V SDN Grogol 01 Demak yang berjumlah 15 siswa,
dari 15 siswa yang mengikuti tes, 6 siswa terpilih dilakukan wawancara.
Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri dengan bantuan pedoman tes dan
pedoman wawancara serta pedoman dokumentasi. Prosedur pengumpulan data
dalam penelitian menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan
analisis data dilakukan dengan peningkatan ketekunan dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan komunikasi matematis
siswa materi volume bangun ruang yang berada pada kategori sangat baik sebesar
0% atau sebanyak 0 siswa, kategori baik sebesar 13,33% atau sebanyak 2 siswa
dan kategori cukup sebesar 86,67% atau sebanyak 13 siswa. Secara umum, nilai
kemampuan komunikasi matematis siswa materi volume balok dan tabung rata-
rata cukup baik.
Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya dalam pembelajaran matematika
materi volume bangun ruang dapat mengenalkan konsep volume bangun ruang
dengan menggunakan benda konkrit dan bantuan visualisasi terutama pada konsep
mencari volume bangun ruang pada suatu bentuk serta membiasakan siswanya
membaca dan memperbanyak latihan mengerjakan contoh soal yang mengacu
komunikasi matematis dan kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:56 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5716 |