RESTIANINGSIH, ANIS (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR DARING MATERI PERKALIAN MATEMATIKA KELAS II SDN KRAMATSAMPANG 01. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ANIS RESTIANINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
ANIS RESTIANIGSIH. NPM 17120034. “Peran Orang Tua Dalam
Pendmpingan Belajar Daring Materi Perkalian Matematika Kelas II SDN
Kramatsampang 01”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UNIVERSITAS
PGRI Semarang, 2021.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah tentang
pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran COVID-19.
Bahwa proses pembelajaran dilaksanakan di rumah melalui daring atau jarak jauh
tanpa bertatap muka secara langsung.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pelaksanaan
pembelajaran daring materi perkalian Matematika kelas II SDN Kramatsampang
01?. 2) Bagaimana peran orang tua dalam pendampingan belajar daring materi
perkalian Matematika kelas II SDN Kramatsampang 01? Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam
pendmpingan belajar daring materi perkalian Matematika kelas II SDN
Kramatsampang 01 Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes dilihat dari hasil
wawancara, observasi dan dokumentasi selama penelitian berlangsung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif secara deskriptif. Populasi
penelitian ini adalah orang tua dari peserta didik kelas II SDN Kramatsampang 01
tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah lima orang tua dari
peserta didik kelas II SDN Kramatsampang 01 tahun pelajaran 2020/2021. Data
dalam penelitian ini diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sangat
penting dalam proses pembelajaran daring materi perkalian matematika kelas II
SDN Kramatsampang 01 Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes Tahun ajaran
2020/2021 yaitu dengan menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai sarana untuk
belajar daring. Pelaksanaannya yaitu dengan mengirimkan materi dan penugasan
melalui Group WhatsApp kemudian untuk pengumpulan tugas dikirimkan melalui
chatt pribadi. Sedangkan untuk peserta didik yang tidak memiliki handphone,
pembelajaran hanya seminggu sekali hanya untuk pengambilan dan pengumpulan
tugas di sekolah. Peran orang tua dalam pendampingan belajar daring materi
perkalian matematika meliputi: orang tua sebagai guru atau pendamping belajar,
orang tua sebagai fasilitator, orang tua sebagai motivator dan orang tua sebagai
director atau pengaruh bagi peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
pentingnya peran orang tua untuk meluangkan waktu dalam mendampingi serta
membimbing anak dalam belajar daring materi perkalian matematika.
Kata kunci: peran orang tua, pembelajaran daring, matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:53 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:53 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5713 |